Header Ads

Dukung Swasembada Pangan, 1000 Hektar Sawah Akan Dicetak Lagi

Kabupaten Bima, samadapos.com – Untuk Mendukung peningkatan swasembada pangan dan stok pangan tetap aman di Kabupaten Bima. Dinas Pertanian Kabupaten setempat pada bulan september mendatang akan mencetak sekitar 1000 hektar sawah baru. Pencetakan itu tersebar di delapan Kecamatan di Kabupaten Bima.

“Insya ALLAH Bulan September mendatang pengerjaan akan dimulai. Kita sudah siapkan semuanya. Tinggal melakukan pengerjaan fisik,’’ ucap Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bima Ir. M. Tayeb Kamis, (20/8/2015).

Tayeb menyebutkan, percetakan sawah akan di tersebar delapan kecamatan. Yakni, Kecamatan Tambora, Sanggar, Madapangga, Woha, Monta, Parado, Wera dan Soromandi. ‘’1000 hektar itu akan tersebar di kecamatan ini,’’ sebutnya.

Dia mengaku, proses pengerjaan proyek dari APBN sebesar Rp 16 Miliar lebih itu bersifat swakelola. Kementerian Pertanian (Kementan) sudah menggandeng TNI AD yang akan mencetak sawah tersebut. ‘’Untuk pencetakan sawah sebesar itu kami akan menggandeng korps zeni TNI AD. Pelaksanaan program itu menggunakan mekanisme swakelola,’’ terangnya.

Tayeb menjelaskan, jika pengerjaan dimulai September 2015. Maka tiga bulan kedepan pengerjaam sawah tersebut selesai. ‘’Rencana kita pecetakan sawah ini selesai tepat di waktu tanam. Sehingga musim huja turun petani bisa langsung bekerja,’’ katanya.

Disisi lain kata Tayeb, pecetakan sawah baru itu akan menambah luas baku lahan tani di Kabupaten Bima. Jika sebelumnya luas lahan sekitar 35.684 hektar. ‘’Maka sekarang akan ditambah 100 hektar lagi,’’ ujarnya.


Tayeb berharap, adanya sawah baru tersebut bisa meningkatakn produkasi tani. Sehingga stok pangan tidak terjadi lagi. Selain itu, kata dia, tahun 2016 rencananya akan ada pecetakan sawah baru sekitar 300 hektar. ‘’Sekarang kami minta seluruh kepala desa untuk melaporkan lahan. Minimal ada aliran air yang bisa dicek sawah,’’pungkasnya.(SP.02)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.