Wakil Wali Kota Terima JKN Award

Kota Bima, samadapos.com - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan memberikan penghargaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Award 2015 kepada sejumlah pemerintah daerah, salah satunya Pemerintah Kota Bima.

Penganugerahan JKN Award dilaksanakan di Gedung Prof. Dr. Sujudi Kementerian Kesehatan Jakarta, Selasa malam, 1 September 2015, dihadiri oleh ratusan kepala daerah. Mereka adalah para gubernur, bupati serta walikota yang telah berhasil mengintegrasikan Jamkesda menjadi BPJS Kesehatan, salah satunya adalah Kota Bima yang diwakili oleh Wakil Walikota Bima, H. A. Rahman H. Abidin, SE.

Penghargaan untuk tingkat provinsi diberikan dalam tiga kategori dan diserahkan langsung oleh Menteri Kesehatan, Nila F. Moeloek, didampingi oleh Direktur Utama BPJS Kesehatan, Fachmi Idris. Apresiasi Utama diberikan kepada Aceh, Apresiasi Madya untuk DKI Jakarta, dan Apresiasi Pratama bagi Sumatera Utara.

Sementara untuk tingkat Kabupaten/Kota, penghargaan diserahkan oleh Direktur Utama BPJS Kesehatan, Fachmi Idris. Ia menjelaskan, hingga saat ini, sudah 13 provinsi serta 270 kabupaten dan kota yang berhasil mengintegrasikan Jamkesda-nya ke program JKN yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan. Dari total 150.753.391 peserta BPJS Kesehatan, sebanyak 7,26 persen atau 10.657.038 jiwa adalah peserta Jamkesda yang sudah terintegrasi dalam program BPJS Kesehatan. Sesuai roadmap, integrasi Jamkesda menjadi BPJS Kesehatan harus selesai dalam waktu tiga tahun sejak 1 Januari 2014.   

“Diharapkan, pada akhir 2016, seluruh Jamkesda sudah terintegrasi ke BPJS Kesehatan demi mendukung tercapainya universal coverage pada tahun 2019,” kata Fachmi.

Menteri Kesehatan RI, Nila Djuwita F. Moeloek, menyambut baik  kegiatan JKN Award yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan ini. Sebab, sesuai arahan Presiden Joko Widodo, pemerintah bertanggung jawab memberikan kemudahan akses kesehatan di seluruh Indonesia.

"Penghargaan diberikan kepada sejumlah pemerintah daerah yang telah mengintegrasikan Jamkesda-nya ke BPJS Kesehatan", kata Direktur Utama BPJS Kesehatan. Ia berharap penghargaan tersebut dapat mendorong pemerintah daerah lainnya untuk segera bergabung sebagai wujud gotong royong bersama.


Wakil Walikota Bima mengaku bangga dan berterima kasih atas penghargaan yang diserahkan oleh Direktur BPJS. “Kami akan terus mendukung pelaksanaan BPJS. Penghargaan ini inshaallah akan menjadi motivator bagi kami agar bekerja lebih giat untuk mewujudkan pelayanan kesehatan yang prima bagi masyarakat Kota Bima”, ujarnya.(SP.01)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.