Header Ads

Walikota Bima Buka Lomba B2SA

Kabupaten Bima, samadapos.com Selasa (01/09), Walikota Bima  HM Qurais H Abidin membuka secara Resmi Lomba cipta menu Berimbang, Bergizi serta Aman (B2SA) tingkat Kota Bima Tahun 2015 di sebelah barat Kantor Walikota Bima. Acara ini dihadiri oleh Ketua TP PKK Kota Bima Hj Yani Marlina M Qurais, Kepala Dinas/Kantor Pemkot Bima, Eselon III lingkup Pemerintah Kota Bima, lurah se-Kota Bima, ibu-ibu ketua penggerak PKK se Kota Bima dan para juri dan segenap panitia lomba cipta menu Berimbang, Bergizi serta Aman (B2SA). 

Dalam sambutannya Ketua TP PKK Kota Bima Hj Yani Marlina M.Qurais menyampaikan bahwa untuk hidup sehat dan cerdas, maka setiap orang harus mengkonsumsi makanan yang seimbang yang berasal dari tanaman, ternal dan ikan. Begitu pentingnya pemenuhan konsumsi pangan yang beragam, bergizi seimbang dan aman, terutama terhadap keberlanjutan hidup anak cucu kita di masa yang akan datang.

“Nilai Gizi yang seimbang harus menjadi cita-cita kita dan mencegah makanan yang tidak aman dikonsumsi menjadi kewajiban kita untuk mencegahnya. Ini adalah tanggung jawab kita bersama, bukan hanya ibu-ibu tapi juga Bapak-bapak dan semua komponen masyarakat lainnya. Karena tanpa kita sadari makanan yang saat ini kita makan sudah banyak terkontaminasi oleh berbagai bahan berbahaya”, jelas Umi Yani (sapaan akrab, red).
                                                           
Walikota Bima HM Qurais H. Abidin dalam arahannya menjelaskan bahwa saat ini Pemerintah Kota Bima menempatkan pembangunan pangan sebagai salah satu prioritas, selain masalah kesehatan, pendidikan, dan lingkungan. Dalam rangka meningkatkan Ketahanan Pangan, Pemerintah Kota Bima telah melakukan berbagai upaya. Cukup banyak keberhasilan yang telah kita capai, antara lain: terus meningkatnya hasil panen padi, kedelai, dan jagung. Kita juga telah mendapatkan penghargaan tingkat nasional sebagai daerah yang berhasil meningkatkan produksi padi diatas 5% selama 5 tahun terakhir, bahkan kita berhasil memproduksi bibit unggul baru yang diakui nasional.

Disampaikannya pula berbagai agenda yang akan dilaksanakan Pemerintah Kota Bima pada bulan september ini diantaranya dalam waktu dekat (25 – 27 september 2015) kita bekerja sama dengan event organizer, akan mendatangkan Iwan Fals untuk menghimbau kegiatan penghijauan dengan tema “Satu Pohon Sejuta Manfaat”. Kegiatan rencananya akan dihadiri oleh Kepala BNPB (Purn. Jend. Syamsul Maarif), Menteri Lingkungan Hidup, dan Pangdam IX Udayana.

Kesuksesan kegiatan ini nantinya akan membuka jalan bagi Kota Bima untuk mendapatkan dana penghijauan dari pemerintah pusat melalui kementerian lingkungan hidup untuk penghijauan hutan kota bima seluas 125 hektar pada tahun depan.

“Jika hutan hijau, maka sumber air aman. Jika air tersedia, maka pertanian lancar. Jika pertanian berhasil, maka kebutuhan pangan terpenuhi”, jelasnya dengan penuh keyakinan.

Menu yang disajikan dalam lomba ini begitu beragam mulai dari menu makan pagi, menu makan siang, dan menu makan malam untuk 1 keluarga yang terdiri dari Ayah, Ibu dan 2 (dua) orang anak (laki-laki dan Perempuan senilai Rp.50.000,- dengan bahan dasar makanan yakni bahan pangan lokal bukan beras dan terigu. Unsur-unsur penilaian yang menjadi point diantaranya penilaian Resep (40%) meliputi pemenuhan prinsip B2SA dan keragaman jenis pangan. Sedangkan 60% penilaian pada saat laomba meliputi keragaman dan keseimbangan Kelompok Pangan, Kreativitas, Penampilan dan cara penyajian serta point yang tak kalah pentingnya adalah cita rasa.

Berdasarkan laporan Ketua Panitia Pelaksana Lomba, Kadis BKP2 Ir Darwis H Yusuf melaporkan bahwa pada lomba B2SA kali ini diikuti sebanyak 38 regu terdiri dari Ibu-Ibu yang bergabung dalam TP PKK Tingkat Kelurahan. Masing-masing kelurahan/regu terdiri dari 3 (tiga) orang. Sedangkan tim juri lomba B2SA  terdiri dari 5 (lima) orang yang diketuai oleh Hj Badrah Ekawati A Rahman (dari Unsur GOW), dengan anggota Hj Sri Ratnawati (dari TP PKK), M. Johansyah, S. Gz, MPH (Ahli Gizi), Ny Hj Mulyati  (Ahli Kuliner) dan Hj Kasmirianti (dari Unsur Ketahan Pangan). Seusai penilaian seluruh makanan dilelang kepada SKPD  dengan pembagian sesuai dengan daerah binaan yang telah ditentukan. Tiap regu diberikan bantuan pengganti baiaya pengolahan makanan.


Dari penilaian lomba Rabadompu Timur berhasil mengungguli nilai dari peserta lainnya. Diposisi kedua diraih oleh Kelurahan Dara, Juara III Kelurahan Nae dan untuk kelurahan yang meraih Juara Kreativitas yakni Kelurahan Oi Fo’o.(SP.01)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.