Kebakaran Bajo Pulo, Pemkab Bima Tetapkan Tanggap Darurat

Kabupaten Bima, samadapos.com - Selama empat belas hari ke depan, terhitung Kamis tanggal 26 November sampai dengan Rabu tanggal 9 Desember 2015, Penjabat Bupati Bima Drs. Bachrudin, M.Pd berdasarkan SK Nomor: 188.45/1055/010/2015 menetapkan Status Keadaan Tanggap Darurat Bencana Kebakaran di Desa Bajo Pulo.

"Jangka waktu tanggap darurat ini dapat diperpanjang atau diperpendek sesuai dengan kebutuhan pelaksanaan penanganan di lapangan". Jelas Bachrudin.
         

Pj. Bupati menyatakan, "Upaya tanggap darurat ini diperlukan untuk mengantisipasi dampak bencana dan segera ditempuh penanganan yang bersifat cepat, tepat dan terpadu sesuai standar dan prosedur penanganan masa tanggap darurat".
    


Untuk percepatan rekonstruksi pasca bencana, Penjabat Bupati melalui surat nomor: 181.2/113/002/2015 telah mengajukan surat permohonan perbaikan darurat rumah akibat bencana Kebakaran kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat serta  Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Jakarta.
        


Kepala Bappeda Kabupaten Bima melalui Kabid Perencanaan Pembangunan Fisik dan Prasarana Zainal Arifin, ST, MT menjelaskan, proposal pembangunan rumah warga Bajo Pulau tersebut telah disampaikan kepada dua instansi terkait di tingkat pusat yaitu Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat serta BNPB.
        


"Pemerintah daerah mengusulkan alokasi anggaran Rp. 19,05 milyar untuk membangun kembali pemukiman warga dan infrastruktur yang mengalami kerusakan. Dari jumlah tersebut, terdapat 11 item  kegiatan yang diusulkan yaitu, pembangunan 97 unit rumah yang terbakar senilai Rp. 7,2 milyar, pembangunan rumah masyarakat berpenghasilan rendah Rp. 3,9 milyar, masjid, pasar desa, Polindes dan TPQ Rp 1 milyar.
    


Disamping itu, terdapat usulan untuk pembangunan prasarana umum seperti jalan lingkungan, MCK Komunal, drainase lingkungan, sarana air bersih, jaringan listrik desa dan penerangan umum senilai Rp 3,4 milyar, sehinggal total usulan mencapai Rp. 19,09 milyar.
          


"Kementerian PU merespon dengan baik pengajuan proposal tersebut dan pada prinsipnya akan dibahas lebih lanjut di tingkat kementerian. Menindak lanjuti rencana ini, lanjut Zainal, Tim akan segera melakukan pengecekan ke lokasi di Bajo Pulo yang mencakup rumah dan prasarana umum seperti jalan lingkungan, listrik, air minum, termasuk fasilitas umum seperti masjid dan sekolah. Selain dengan Kementerian PU, Pemkab Bima juga telah berkoodinasi dengan BNPB Provinsi NTB. 
       


Menurut Zainal, "selain dukungan bantuan tanggap darurat, BNPB juga menawarkan pembangunan rumah darurat bagi warga korban musibah kebakaran di Bajo Pulo". Katanya.(Nurdin)


Posisi berikutnya, Juara VI diraih RSUD, juara VII  diraih oleh Dinas Kesehatan, juara VIII disabet Dinas Kehutanan, juara IX  Dinas Kelautan dan Perikanan dan juara X diraih BPPKB.
         


Selanjutnya pada lomba paduan suara antar kecamatan, juara I diraih  kecamatan Madapangga yang mengumpulkan nilai 1.880, juara II  kecamatan Donggo (1.825), juara III  UPT. Dikpora Bolo (1.715),  juara IV diraih  Kecamatan Palibelo (1.655), juara V diraih  kecamatan Wawo (1.610) dan juara VI disabet Soromandi (1.595).
      


Sementara pada Lomba Pengucapan Panca Prasetya  Korpri dan UUD 1945 yang diikuti SKPD dan kecamatan/UPT dinas Se-kabupaten Bima berhasil menempatkan sejumlah juara.
Juara I diraih oleh Tim setda I dengan nilai (469,00)  , juara II diraih BPMDES (465,33), juara III diraih  Setda  II (451,33) juara IV diraih  Sekretariat DPRD (450,00), juara V PDAM (449,34) dan juara VI diraih oleh Dinas Pertambangan dan Energi (445,00).
     


Pada tingkat kecamatan dan UPT, juara 1 diraih  kecamatan Soromandi (nilai 441,67), juara II  kecamatan Donggo (435,00), juara III diraih kecamatan Parado (428,33), juara IV Kecamatan Madapangga (428,33), juara V diraih UPT. Dikpora Lambu (425,00) dan juara VI diraih oleh UPT Dikpora  Belo (421,67)
           


Bagi para juara I untuk semua jenis mata lomba akan diberikan kesempatan untuk unjuk kebolehannya pada upacara peringatan HUT Korpri ke – 44 tingkat Kabupaten Bima  Senin  (30/11).    Demikian halnya  hadiah dan penghargaan akan diserahkan pada kesempatan tersebut. 
      


Salah seorang tim juri pada lomba tersebut Hj. Dari Winarni HM.Taufik HAK, S.Pd  mengatakan lomba yang untuk pertama kalinya diselenggarakan ini ditujukan untuk menanamkan jiwa korps dan memegang teguh disiplin.
       



Dirinya berharap, melalui lomba ini akan lebih tertanam sikap patriotisme aparatur Aparatur Sipil Negara dalam dalam melaksanakan tugas seabagai abdi negara dan abdi masyarakat.(SP.01)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.