Header Ads

57 Kades Terpilih Akan Dilantik 2 Agustus

Abdul Wahab SH, Kepala BPMDes Kabupaten Bima
Samada Pos, Kabupaten Bima – Pelantikan 57 Kepala Desa (Kades) terpilih pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Kabupaten Bima belum lama ini, akan dilantik oleh Bupati Bima, Hj. Indah Dhamyanti Putri, di aula kantor Bupati setempat, pada 2 Agustus mendatang.

“Insya Allah panitia Pilkades Kabupaten ditingkat kabupaten sudah menentukan tempat dan jadwal  pelantikan 57 Kades terpilih, yakni diaula kantor Bupati Bima pada 2 Agustus mendatang,” ucap Kepala Badan Pemeberdayaan Masyarakat dan Desa (BPMDes) Kabupaten Bima, Abdul Wahab SH, dihubungi wartawan, Rabu (27/7).

Menurut dia, sejumlah kelengkapan administrasi telah rampung salahsatunya surat keputusan (SK) puluhan kades yang terpilih. Saat ini pihaknya tengah fokus pada bagian teknis pelantikan serta menyiapkan perlengkapan untuk kelancaran pelantikan.

“Mengenai administrasi semuanya sudah rampung, kini kita tengah menyiapkan teknis pelantikan saja,” katanya.

Dia mengakui, sejauh ini 57 desa yang menggelar Pilkades tidak terjadi permasalahan. Sehingga tahapan pelaksanaanya telah sesuai jadwal. Pelaksanaannya berjalan lancar tanpa ada hambatan dan kendala.

“ini adalah sejarah, bahwa kita bisa menggelar Pilkades serentak dengan aman dan demokratis. Semuanya berjalan sesuai jadwal dan harapan kita bersama,” akunnya.

Mengenai adanya sejumlah massa pendukung yang kalah menyegel kantor desa, karena memprotes kinerja kepanitian. Bagi Wahab adalah sebuah dinamika yang bisa dicarikan solusinya.

Meski penyegelan tersebut telah kembali dibuka. Hanya saja Wahab menyesalkan adanya aksi tersebut. Tindakan itu justru akan menambah dan aktivitas lumpuh total. Sehingga imbasnya aparatur desa tidak bisa melayani masyarakat.  

“Pihak-pihak yang merasa dicurangi oleh panitia, sebaiknya menempuh jalur yang telah ditetapkan aturan dan UU. Tidak langsung main segel kantor,” pintanya.

Dia berharap massa pendukung atau Kades yang terpilih tidak menunjukkan kemenangan dengan euforia. Yang memancing emosi pendukung atau Kades yang kalah.

“Mari kita jaga bersama kondusiftas ini tanpa membedakan satu dengan yang lainnya. Kades yang terpilih harus bisa merangkul semua masyarakat tanpa terkecuali,” pungkasnya.(SP.02)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.