Header Ads

64 Peserta Ikuti Pelatihan Keterampilan Kerja



Samada Pos, Kabupaten Bima - Satu-satunya yang tidak bisa dibeli di muka bumi adalah karakter karena aspek ini timbul dari dalam hati. Demikian  Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bima Hj. Rostiati Dahlan mengutip salah satu kata bijak, ketika menjadi pemateri pada kegiatan pelatihan berbasis kompetensi Senin (25/7) di Workshop UPT LLK Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bima.
         
Pada kesempatan tersebut ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bima dihadapan 64 peserta pelatihan mengatakan karakter atau watak merupakan satu sifat yaitu jujur, ikhlas dan mau membantu orang lain sehingga berhasil. Disamping memiliki daya juang yang tinggi dan bekerja keras seperti yang umumnya menjadi watak masyarakat Bima. 
          
Karakter perlu dibangun karena meskipun  para pencari kerja sudah memiliki ijazah dan keterampilan tetapi perlu memiliki prinsip dan kepercayaan diri dalam memasuki dunia kerja, inilah pentingnya pengembangan karakter".Kata Rostiati yang juga seorang guru.
       
Dirinya menambahkan, "pembangunan karakter merupakan satu hal yang berproses dan dimulai pada usia dini yang merupakan tahap pembentukan kepribadian. Selanjutnya menginjak masa remaja sebagai tahap pengembangan. 
         
Setelah memasuki tahap remaja maka akan berlanjut pada tahap dewasa atau pemantapan dan di usia tua yaitu tahap kebijaksanaan". Jelasnya.
          
Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bima Drs. Ishaka dalam laporannya mengatakan bahwa pelatihan berlangsung selama 30 hari  dan para peserta dibagi dalam 4 kejuruan yaitu las, sepeda motor, menjahit dan pengolahan hasil pertanian dengan 16 peserta pada setiap jurusan.
            
Ishaka menambahkan, "pelatihan berbasis kompetensi ini ditujukan untuk meningkatkan keterampilan para pencari tenaga kerja di Kabupaten Bima. Sebab lanjutnya,  berdasarkan data yang ada, terdapat 10 ribu calon pencari  kerja yang mengajukan permohon kartu pencari kerja (kartu kuning) pada Instansi yang dipimpinnya. 
       
"Salah satu cara untuk menekan angka pengangguran tersebut maka pelatihan keterampilan praktis ini diberikan. 
           
"Dengan sertifikat yang nantinya diperoleh setelah selama  sebulan  mengikuti pelatihan, maka peluang untuk diserap pada beragam sektor pekerjaan akan terbuka lebar". Kata Ishaka.
        
"Peserta juga akan dibekali materi pelatihan berbasis kompetensi industri pangan dan teknologi hasil pertanian dan materi logam mesin yang mencakup pengawasan secara manual.
          
Materi lainnya yang disampaikan kepada para peserta yaitu membuat pola busana, menjahit pakaian dasar wanita dan materi servis sepeda motor yang mencakup overhaul mesin, penilaian komponen dan melakukan prosedur pengujian mesin motor yang sesuai". Kata Ishaka.          

Menutup laporannya, Ishaka mengatakan,  pelatihan ini merupakan kerjasama antara Disnakertrans Kabupaten Bima  dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Bima dan telah memasuki angkatan IV dari 12 angkatan yang direncanakan selama tahun anggaran 2016".  Urainya.(SP.01)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.