Header Ads

Dahlan: Guru Harus Memberikan Motivasi dan Inspirasi Bagi Siswa



Samada Pos, Kabupaten Bima Sebanyak 123 orang peserta dari 25 Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri dan Swasta mengikuti Pelatihan Implementasi Kurikulum Tahun 2013 Bagi Guru Layanan Khusus Se- Pulau Sumbawa Selasa (26/7) di aula hotel La Ila Kota Bima.
        
Wakil Bupati Bima Drs. Dahlan M. Noer dalam sambutannya mengatakan, "guru yang bagus adalah guru yang bisa memberikan motivasi dan inspirasi kepada siswanya". 
           
Pada kesempatan tersebut Wabup  menekankan pentingnya kompetensi para tenaga pendidik untuk bisa bersaing. Dalam menghadapi persaingan Global dan lahirnya masyarakat ekonomi ASEAN (MEA), kita harus membekali diri dengan kompetensi yan memadai.  
            
Dengan demikian, lanjut Dahlan, "pendidikan menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kemajuan suatu daerah. Sehingga sudah menjadi komitmen Bupati dan Wakil Bupati untuk terus berupaya  meningkatkan kualitas pendidikan di  Kabupaten Bima yang kita cintai ini. 
     
Namun sebelum mengembangkan pendidikan ke arah yang lebih baik, masing-masing individu yang terlibat di dalamnya  pendidikan itu sendiri termasuk di dalamnya untuk terus mengembangkan potensi diri.
Karena itu, sebagai pelayan rakyat dan abdi negara, seorang guru dituntut mampu  mengemban amanah tersebut dengan sebaik-baiknya.
          
"Guru menjadi ujung tombak termasuk dalam pelaksanaan kurikulum tahun 2013, guru tetap harus memperbaiki diri dan meningkatkan kompetensinya secara bertahap agar pengejawatahan kurikulum tersebut dapat dilakukan dengan tepat sasaran". Kata Wabup.
            
Kita semua menyadari bahwa sebagai praktisi pendidikan, seorang guru menjadi sasaran kurikulum yang menjadi pedoman mereka dalam melakukan tugasnya. Karena tanpa kurikulum yang jelas, maka kerja guru akan terhambat. 
           
"Dampaknya adalah proses pembelajaran terjadi ketimpangan, serta sudah dapat dipastikan ketika proses pembelajaran saja tidak berjalan mulus dan penuh kesalahan maka harapan memperoleh generasi tangguh dan membanggakan tinggallah mimpi belaka.
             
Oleh karena itu, pemerintah daerah memandang  pelatihan ini menjadi satu upaya penting dalam membentuk profil sumber daya manusia aparatur guru berkualitas yang mempunyai kompetensi memadai. Sosok guru yang cakap akan tercermin sikap dan perilaku, berdisiplin tinggi serta profesional". Tandas Wakil Bupati.
         
Sebelumnya,  Kepala SLB Kabupaten Bima selaku panitia pelaksana Sriyati S.Pd mengatakan bahwa peserta akan mengikuti pelatihan selama lima hari mulai tanggal 26 sampai dengan 30 Juli di 2 lokasi berbeda yaitu hotel La Ila dan hotel Komodo yang dibagi dalam 5 kelas.
         
Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bima yang yang diwakili Sekretaris  Dinas Dikpora H. Nasrullah S.Sos dalam pengantarnya mengatakan bahwa dipilihnya Kabupaten Bima sebagai tuan rumah penyelenggaraan pelatihan ini merupakan kehormatan bagi Kabupaten Bima dan khususnya diikuti oleh 9 SLB yang ada di Kabupaten Bima".(SP.01)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.