BBGRM ke-13 dan HKG PKK ke- 44 Kota Bima Sudah Dicanangkan

Kota Bima, samadapos.com - Upacara pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XIII dan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-44 tingkat Kota Bima dilaksanakan di halaman Kantor Walikota Bima pada Kamis pagi (04/08/2016).

Bertindak selaku inspektur Upacara yakni Sekretaris Daerah Kota Bima Ir. Muhamad Ruim. Upacara pencanangan ini diikuti oleh seluruh ASN lingkup Pemerintah Kota Bima. Hadir pula dalam kesempatan tersebut Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), anggota DPRD Kota Bima, dan Kepala SKPD Lingkup Pemerintah Kota Bima beserta camat dan lurah.
Upacara ini ditandai dengan pemukulan Gong sebagai tanda dimulainya Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat dan Hari kesatuan Gerak PKK ke-44 tahun 2016, dan dilakukan penyerahan secara simbolis alat gotong royong kepada 5 (lima) camat se-Kota Bima. BBGRM ke-XIII ini mengangkat tema “Dengan Bulan Bhakti Gotong Royong masyarakat kita dayagunakan peran lembaga kemasyarakatan lurah sebagai mitra pemerintah kelurahan”.

Pelaksanaan BBGRM ini akan berlangsung selama 1 (satu) bulan penuh dan akan dilakukan penilaian secara berjenjang baik ditingkat kelurahan maupun tingkat kecamatan.
Dalam Laporan Ketua Panitia Penyelenggaraan Pencanangan BBGRM XIII dan HKG PKK ke-44 Tingkat Kota Bima tahun 2016 Drs. H. Hajairin, MS menymapkaikan bahwa tujuan pelaksanaan BBGRM iniadalah meningkatkan semangat gotong royong dan kebersamaan serta keswadayaan masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam pelaksanaan pembangunan.

Selain itu, hal ini juga dilaksanakan dalam rangka menciptakan asas kekeluargaan dan kegotongroyongan sehingga tercipta lingkungan yang bersih, aman dan tertib.

Dalam sambutan Walikota Bima yang disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kota Bima Ir. Muhamad Rum menyampaikan bahwa adat - istiadat, tradisi dan budaya gotong royong di kalangan masyarakat Kota Bima tetap berkembang, bahkan terus dilestarikan. budaya gotong royong sejak zaman nenek moyang hingga sekarang masih tetap diyakini oleh masyarakat sebagai perekat persaudaraan dan kebersamaan dalam menangani dan mengatasi persoalan-persoalan yang dihadapi, baik dalam bidang sosial, ekonomi, lingkungan hidup, dan lain sebagainya.

“Pelaksanaan bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat merupakan upaya untuk lebih menggelorakan semangat Gotong Royong dan peran aktif masyarakat dalam pembangunan. Apalagi sejak tiga belas tahun ini gerakan bulan bhakti gotong royong masyarakat dijadikan sebagai gerakan nasional, hal ini bertujuan untuk memperkuat integritas sosial dalam kehidupan masyarakat pada setiap komunitas lokal, agar tercipta keharmonisan kehidupan bersama yang akan bermuara pada penguatan persatuan bangsa dan kokohnya Negara Kesatuan Republik Indonesia,” papar Sekda.

Tujuan gotong royong lainnya, adalah meningkatkan upaya pemberdayaan masyarakat agar mampu membangun diri dan lingkungannya secara mandiri. semua ini memang tidak mudah untuk dilaksanakan mengingat harus dibarengi dengan anggaran meskipun masyarakat telah mempunyai modal kebersamaan dan gotong royong.

Lebih lanjut dijelaskan, terkait dengan Kesatuan Gerak TP PKK, tidak bisa dipungkiri betapa besarnya peranan PKK dalam menggugah, mendorong, serta membentuk karakter kaum perempuan atau kaum ibu yang semakin inovatif dan kreatif, sehingga kaum perempuan melalui pembinaan PKK dari hari ke hari semakin mampu memposisikan diri sebagai salah satu motor penggerak dalam penyelenggaraan pembangunan masyarakat yang partisipatif dengan 10 program PKK antara lain di bidang kesehatan, bidang pendidikan, peningkatan ekonomi keluarga dan lain sebagainya.

Diakhir upacara diumumkan pula prestasi yang diraih yakni dalam rangka Hari Keluarga tingkat Kota Bima yang ke-23 tahun 2016 dengan lima 5 (lima) kategori lomba diantaranya Juara I PKB Tingkat Kota Bima yang diraih oleh Suharti, S.Sos.I., Juara I IMP Tingkat Kota Bima yang diraih oleh Rohana kelurahan Rite, Juara I KB Lesatri 10 Tahun yang diraih oleh Drs Nurhaidah Is Fahmin (Ketua DWP Kecamatan Asakota), Juara I KB Lestari 15 Tahun yang diraih oleh Dra Fatimah Supratman (Ketua DWP BKD Kota Bima), dan Juara I KB Lestari 20 Tahun yang diraih oleh Rosdianah Arifin (Ketua DWP Kecamatan Mpunda).(SP.01/Hum)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.