IBI dan IDI Kerjasama Gelar Seminar Obstetri dan Ginekologi

Suasana Seminar
Kota Bima, Samadapos.com - Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kota Bima bekerjasama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Kota Bima dan Female Cancer Program menggelar Seminar Kesehatan pada Sabtu (13/108) kemarin di Aula Home Stay Mutmainnah. Seminar Kesehatan yang dikhususkan pada masalah obstetri dan Ginekologi.

Dalam sambutan Ketua Panitia Seminar Obstetri dan Ginekologi Dr. Anna Sofyana, M.Kes., SpOG menyampaikan bahwa saat ini dunia kesehatan merupakan dunia yang penuh dengan permasalahan yang pelik. Berdasarkan data SDKI, angka kematian ibu di Indonesia masih mencapai 359 per 100000 kelahiran hidup sedangkan target MDGs ingin mencapai 110 dan target SDGs 2030 adalah dibawah 70 per 100000 ibu melahirkan.

“Sudah terlalu lama kita mendengar tingginya angka kematian Ibu di Indonesia, akselerasi penurunan angka kematian ibu hanya bisa tercapai apabila kita semua tenaga kesehatan di lapangan secara konsisten memahami, peduli dan bertanggungjawab dengan konsep kegawatdaruratan obstetri”, jelas Ketua Panitia Seminar.

Hal lain yang menjadi isu kesehatan saat ini terutama dalam hal pemberdayaan perempuan adalah bagaimana pasien-pasien kita mau memahami pentingnya deteksi dini pada kanker leher rahim. Semakin cepatnya deteksi dini dan terapi yang diberikan memberikan prognosis yang berbeda signifikan pada pasien-pasien. Untuk memperbaharui ilmu tersebut maka IBI dan IDI mendatangkan pakar-pakar yang mampu memberikan pencerahan tentang kedua hal tersebut. Narasumber dalam kegiatan seminar tersebut diantaranya dr. Doddy Ario Kumboyo, Sp.OG (K) dan dr. Made Mahayasa, Sp.OG (K). Adapun peserta seminar terdiri dari 25 dokter dan 275 bidan.


“Jadi mudah-mudahan dengan seminar ini, dapat membuka wawasan dan juga menambah ilmu pengetahuan bagi para dokter dan Bidan,” harap dr Anna.(SP.01/H.01)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.