Header Ads

Ini Kriteria Sekda Kota Bima Versi Dewan


Ketua Komisi I DPRD Kota Bima, Anwar Arman SE
Kota Bima, Samadapos.com – Jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) merupakan jenjang karir tertinggi Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam dunia birokrasi. Maka orang menempati jabatan itu diperlukan memiliki sejumlah kemampuan. Seperti kemampuan Mmanajerial, bijaksana dan tegas serta mampu menjembatani antara eksekutif dan legislatif.
 
Demikian dikatakan Ketua Komisi I DPRD Kota Bima, Anwar Arman SE, saat ditemuibwartawan Senin (15/8).

Duta partai PKS ini lebih lanjut menjelaskan, selain memiliki kemampuan tersebut. Persoalan usia Sekda dipandang perlu, karena membawahi semua unsur aparatur. Yang tidak kalah penting memiliki kapasitas, kapablitas serta tidak cacat hukum yang mencuat ke publik maupun dalam jenjang karir selama ini.

“Saya kira beberapa kriteria ini yang harus dikedepankan saat melakukan seleksi nanti,” ujarnya.

Sementara anggota DPRD lainnya, Taufik H. A. Karim SH, mengaku, sosok Sekda yang diprioritaskan adalah mampu bekerjasama dengan Kepala Daerah (Walikota). Serta mampu menjembatani semua unsur. Baik secara internal maupun eksternal ditingkat eksekutif. Mengingat Ia adalah simbol tertinggi dan panutan seluruh ASN.

“Pada prinsipnya Sekda harus pandai melakukan komunikasi. Sebagai penghubung antara ASN dengan Kepala Daerah,” tuturnya.

Jika hal tersebut tidak dipertimbangkan dalam proses penjaringan. Taufik kuatir kinerja eksekutif akan terhambat dan menuai kendala. Karena pembantu kepala daerah adalah ASN yang ujung tombaknya berada ditangan Sekda.

“Tapi saya optimis tim panitia seleksi (pansel) nanti akan mempertimbangkan semuanya. Sehingga orang yang menjabat sebagai Sekda Kota Bima nanti benar-benar telah sudah teruji baik dalam jenjang karirnya, kapasitas dan pengalamanya selama ini,” tuturnya.  

Untuk diketahui, jabatan Sekda Pemkot Bima pada Bulan November  mendatang, dipastikan lowong. Pasalnya Ir. H. Muhamad Rum yang saat ini mengisi kursi ketiga Kota Bima akan memasuki masa pensiun.

Sementara untuk mencari penggantinya, Pemkot setempat tengah membentuk tim panitia seleksi (Pansel) atau tim independen untuk menjaring dan menyeleksi calon orang pertama di birokrasi tersebut.

Kepala BKD Kota Bima, Drs H. Supratman M. Ap, mengaku saat ini pihaknya telah mengantongi surat rekomendasi dari Walikota Bima, H. M. Qurais Abidin, untuk dilayangkan ke Sekda Provinsi NTB, untuk kemudian menunjuk tim pansel sebanyak lima orang. 

“Insya Allah, suratnya sudah ditanda tangani Walikota. Nanti kami sendiri yang akan mengantarnya dan membawa ke Mataram,” pungkasnya kepada Suara NTB, belum lama ini.(SP.02)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.