Header Ads

Jamaah Calon Haji Kota Bima Satu Kloter Dengan Dompu dan KSB

Kasi PHU Kemenag Kota Bima, H. Idham
Kota Bima, SamadaPos.com - Jamaah Calon Haji (JCH) asal Kota Bima tergabung satu kelompok terbang (Kloter) dengan Kabupaten Dompu dan Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) tahun 2016 ini. Ketiga daerah ini masuk dalam kloter sembilan dari 11 kloter di NTB.
 
Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Kota Bima, H. Idham kepada wartawan, Selasa (9/8) mengatakan, tercatat JCH gabungan ini sebanyak 352 orang. Masing-masing dari Kota Bima sebanyak 158 orang. Sementara Kabupaten Dompu sebanyak 105, dan KSB sebanyak 89 orang.

“Ditambah 5 orang pendamping. Yang terdiri dari tim kesehatan haji daerah (TKHI) sebanyak 3 orang, Tim Pemandu Ibadah Haji (TPIH) satu orang dan tim pembimbing Haji Indonesia (TPHI) satu orang,” katanya.

Idham secara khusus mengatakan, JCH asal Kota Bima tahun ini meningkat 10 orang dibandingkan tahun lalu yang tercatat hanya 148 orang. Jamaah yang berusia paling tua berumur 85 tahun, sedangkan yang kecil berumur 45 tahun.

“Saat ini para CJH asal Kota Bima tengah diperiksa kesehatan, pemberian vaksin kekebalan tubuh,” ujarnya.

Dia memastikan JCH Kota Bima yang diberangkatkan tahun ini sebanyak 71 persen kondisinya tidak membahayakan dengan beresiko tinggi. Tidak ada penyakit yang perlu dikuatirkan yang sewaktu-waktu menyerang. Selain itu, kondisi fisiknya masih normal.  Karena tidak ada jamaah yang berangkat menggunakan kursi roda.

“Kondisi kesehatannya masih taraf normal,” katanya memastikan.

Dia mengaku, sesuai jadwal jamaah akan berangkat menggunakan pesawat terbang dari Bandara M. Sultan Salahuddin Bima, pada 2 September mendatang, menuju embarkasi atau asrama haji di Kota Mataram untuk berkumpul dengan JCH Dompu dan KSB.

“Semua akomodasi selama perjalanan transportasi hingga makan dan minum di perjalanan menuju embarkasi akan ditanggung oleh Pemkot Bima,” ujar Idham.


Dia menambahkan, CJH gabungan Kota Bima, Dompu dan KSB ini akan berangkat dari BIL menuju Arab Saudi pada 4 september mendatang. Mereka sebelumnya dari Asrama Haji menuju BIL akan menggunakan Bus carteran yang masing-masing ditanggung pemerintah daerah.(SP.02)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.