Header Ads

Kurikulum 2013 Belum Diterapkan? Ini Alasan Kadis Dikpora Kota Bima

Kepala Dinas Dikpora Kota Bima, Drs H. Alwi Yasin M.Ap
Kota Bima, SamadaPos.com – Informasi yang dihimpun samadapos.com, dari jumlah ratusan sekolah yang ada di Kota Bima. Tercatat hanya sekitar 40 lebih sekolah yang saat ini menggunakan kurikulum 2013 (Kurtilas) dalam sistem belajar mengajarnya. Sementara sisanya masih menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) atau kurikulum lama yang sudah tidak diberlakukan oleh pemerintah pusat.

Kondisi ini menyebabkan stakeholder terkait mendapat sorotan dari berbagai pihak, salah satunya adalah kritikan pedas dari Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kota Bima. (Baca: Dewan Sesalkan Sekolah di KotaBima Belum Terapkan Kurikulum 2013).

Menaggapi keritikan tersebut, Kepala Dinas Dikpora Kota Bima, Drs, H. Alwi Yasin M.Ap kepada wartawan menjelaskan bahwa  belum efektifnya penerapannya, masih minimnya para guru yang tidak memiliki kompetensi. Hanya sekolah-sekolah tertentu saja yang menerapkan kurtilas ini. Yakni Sekolah yang memiliki guru sertifikat kompetensi.

Lebih lanjut Ia menjelaskan, metode KTSP ini lebih dominan dan peran aktif para siswa, artinya siswa lebih mengarah kepada Output. Sedangkan Guru hanya berperan mengurus pelajaran yang akan diberikan kepada siswa.

Sedangkan Kurtilas, Alwi melanjutkan, guru lebih banyak berperan aktif dalam ruang kelas untuk membimbing dan menjelaskan materi yang telah disediakan. Dalam hal ini guru dituntut untuk lebih kreatif, mampu mengimbangi kemampuan dan bakat siswa.


“Materi pembelajaran telah disediakan. Tinggal guru hanya kreatif dalam menyampaikan agar siswa lebih mengetahui dan mengenal,” pungkasnya.(SP.Tim)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.