Header Ads

Perayaan HUT RI ke-71 di Kota Bima Lancar dan Khidmat

Pengibaran Sang Merah Putih, Upacara HUT RI Tingkat Kota Bima
Kota Bima, Samadapos.com - Upacara Penaikan dan Penurunan bendera Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-71 pada 17 Agustus 2016, di Halaman Kantor Walikota Bima berlangsung khidmat. Upacara ini dipimpin oleh Walikota Bima, HM Qurais H. Abidin, didampingi Ketua TP PKK Kota Bima, Hj Yani Marlina beserta Wakil Walikota Bima, H.A Rahman H. Abidin, beserta Ibu Hj Badrah Ekawati.

Peringatan detik-detik proklamasi berlangsung tepat sekitar pukul 10.00 Wita ditandai dengan bunyi sirine dan pembacaan teks proklamasi oleh Ketua DPRD Kota Bima, Fery Sofyan, SH. Begitu pula upacara penurunan bendera pada Sore harinya dipimpin oleh Wakil Walikota Bima H.A Rahman H. Abidin SE selaku inspektur upacara. Dan pengibaran Sang Merah Putih oleh anggota Paskibraka Kota Bima, dan pasukan pengibar bendera Kota Bima ini berhasil menunaikan tugas mereka menaikkan dan menurunkan bendera merah putih dengan tertib dan lancar.

Kemeriahan dalam menyambut HUT RI ke-69 pada tanggal 17 Agustus 2014 dipenuhi dengan rasa sukacita dalam bingkai kebersamaan. Berbagai kegiatan yang dilaksanakan seperti peringatan hari kemerdekaan tahun-tahun sebelumnya, rangkaian peringatan HUT kemerdekaan RI ke-71 diisi dengan beberapa acara pokok yang terdiri dari 5 (lima) kegiatan, yaitu (1) Apel Kehormatan (Pengukuhan Paskibra), dilaksanakan pada tanggal 15 Agustus 2016, pukul 19.30 WITA bertempat di Paruga Nae Convention Hall; (2) Renungan Suci, dilaksanakan pada tanggal 16 Agustus 2016, pukul 23.30 WITA bertempat di Taman Makam Pahlawan Palibelo; (3) Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI dan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih, dilaksanakanpada hari Rabu, tanggal 17 Agustus 2016 pukul 09.00 WITA bertempat di halaman Kantor Walikota; serta (4) Upacara Penurunan Bendera Merah Putih, hari Minggu, tanggal 17 Agustus 2016 pukul 17.00 WITA di Halaman Kantor Walikota, dan (5) diakhiri dengan Malam syukuran yang dilaksanakan di Paruga Nae Convention Hall pada malam harinya.

Pada kesemua rangkaian acara diikuti oleh segenap pimpinan dan anggota DPRD Kota Bima, Unsur Muspida, TNI/Polri, Veteran, BUMN/BUMD, Pimpinan Perguruan Tinggi, Toga/Toma dan seluruh pejabat dan pegawai lingkup Kota Bima, maupun undangan lainnya. Beberapa agenda kegiatan yang juga dilaksanakan dalam kemeriahan HUT RI diantaranya Gerak jalan Indah tingkat SMA/SMK/MA, SMP/MTs dan SD/MI pada hari Senin, Selasa dan Kamis (8 Agustus, 9 Agustus dan 11 Agustus 2016).

Adapula berbagai perlombaan olahraga yang dibuka pada hari Kamis 4 Agustus 2016 hingga Selasa 9 Agustus 2016 yang berlangsung di halaman Kantor Walikota Bima. Berbagai acara ini ampuh mengusir stress karena semua penonton tertawa lepas menyaksikan berbagai lomba terlebih lagi lomba balap karung dan tarik tambang antar SKPD.

Tema HUT RI ke 71 tahun 2016 ini adalah: “Indonesia Kerja Nyata”. Hal ini tentunya mengandung makna yang luar biasa, dimana Hari Ulang Tahun ke-71 Republik Indonesia menjadi saat refleksi bagi kita semua tentang sumbangsih yang telah kita persembahkan untuk Bumi Pertiwi, Indonesia tercinta. Untuk itu, kita sebagai warga negara Indonesia, dalam peringatan hari kemerdekaan RI ke-71 ini sudah saatnya ikut berperan dalam segala ruang, termasuk politik, keamanan, pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan, demi memperbaiki kondisi negara Indonesia tercinta. Maka kitapun bisa melakukannya jauh lebih baik, walaupun mungkin tidak sekarang, mungkin dimasa depan. Selamat ulang tahun bangsaku, negeriku. Terima kasih para pahlawanku yang telah berjuang, semoga Sang Merah Putih akan terus berkibar dari Sabang sampai Merauke.(SP.01/H.01)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.