Header Ads

Ternyata Internet Membuat Manusia Semakin Bodoh

Gambar Ilustrasi
Samadapos.com - Seorang peneliti mengungkapkan bahwa internet berpotensi membuat manusia semakin bodoh. Hal itu tak lepas dari semakin tergantungnya manusia pada teknologi.

Kehadiran internet memang mengubah banyak segi kehidupan manusia. Namun, ada bahaya tak terduga yang muncul. Hanya saja, tidak seorangpun menyadarinya.

Bagaimana internet bisa membahayakan kehidupan manusia? Sederhana saja, internet mengambil alih daya ingat manusia dan secara mendasar membuat kita semakin bodoh.

Seperti yang dirilis oleh Metro.co.uk pada Sabtu (20/8/2016) lalu, para psikolog telah mengungkap fakta bahwa dunia maya membuat kita semakin bergantung untuk melakukannya lagi dan lagi di masa depan.

Secara efektif, kemampuan komputer kita secara intimidatif semakin cerdas sehingga tidak ada kesempatan manusia menjadi cerdas lagi.

Hal ini menjelaskan mengapa kita begitu cepat untuk meng"google" nya ketika pemikiran yang moderat diperlukan dan mengapa Anda membaca artikel ini daripada melakukan penelitian Anda sendiri dan berbagai hal semacamnya.

Dalam suatu studi, Dr. Benjamin Storm mengatakan bahwa otak kita "tidak mau repot-repot" mencoba menggali fakta dari ingatan ketika kita bisa menggunakan internet.

"Ingatan sedang berubah. Penelitian kami menunjukkan bahwa ketika kita menggunakan internet untuk mendukung dan memperluas daya ingat, kita menjadi semakin bergantung padanya. Sementara itu sebelumnya kita mungkin telah mencoba mengingat sesuatu sendiri, sekarang kita tidak mau repot," katanya.

Menulis di Jurnal Memory, Dr. Storm dan rekan-rekannya menjelaskan bahwa mereka telah meminta dua kelompok orang menjawab pertanyaan trivia.

Satu tim diijinkan untuk menggunakan Google sementara yang lain harus menggunakan otak mereka untuk memikirkan apa yang menjadi jawabannya.

Kemudian, dua kelompok tersebut diberikan sekumpulan pertanyaan yang lebih mudah dan diberikan pilihan untuk menggunakan internet ketika mereka menginginkannya.

Studi tersebut menemukan bahwa mereka yang menggunakan internet lebih awal cenderung lebih ingin menggunakannya lagi.


Sementara mereka yang bergantung kepada daya ingat, cenderung menggunakan otak mereka lagi.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.