Tim Penilai Pusat dan Provinsi Paparkan Hasil Penilaian Lapangan Penghargaan Wahana Tata Nugraha Tahun 2016

SamadaPos.com - Setelah melakukan peninjauan lapangan, Tim Penilai Penghargaan Wahana Tata Nugraha Tahun 2016 hari ini (10/08) memaparkan hasil penilaian atas verifikasi lapangan. Rombongan diterima Walikota Bima HM Qurais H Abidin dengan didampingi Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kota Bima di Aula Kantor Walikota Bima. Hadir pula dalam kesempatan tersebut seluruh kepala SKPD lingkup Pemerintah Kota Bima.

Wahana Tata Nugraha (WTN) adalah penghargaan yang diberikan Pemerintah Republik Indonesia kepada kota-kota yang mampu menata transportasi publik dengan baik. Penghargaan ini diberikan setiap tahun oleh Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub RI) kepada daerah dan kepala daerah Kota/Kabupaten dengan tujuan penyelenggaraan penghargaan WTN adalah mendorong pemerintah Kota/Kabupaten untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan sistem transportasi perkotaan, sehingga tercipta sistem lalu lintas dan angkutan kota yang tertib, lancar, selamat, aman, efisien, berkelanjutan, dan menjamin ekuitas (kesetaraan) hak pengguna jalan.

Dalam sambutannya Walikota Bima HM Qurais H Abidin menyampaikan ucapan selamat datang kepada tim penilai Penghargaan Wahana Tata Nugraha. Baginya keikutsertaan Kota Bima dalam lomba WTN ini merupakan sebuah kebanggaan dan pemacu semangat. Ini menunjukkan bahwa sistem tranportasi di Kota Bima semakin berkembang dan menuju arah yang lebih baik.

Disampaikannya pula apapun hasil penilaian dari tim penilai, Kota Bima siap menindaklanjuti hasil penilaian serta rekomendasi dari Tim Penilai. Saat ini pembangunan di Kota Bima sedang digiatkan, terutama untuk sarana dan prasarana jalan. hal ini dimaksudkan untuk mengurangi risiko kecelakaan lalu lintas dan memberikan kenyamanan para pengendara.

Disadarinya, bahwa untuk mewujudkan sistem transportasi yang baik memerlukan upaya yang sistematis, bersungguh-sungguh dan sinergi dari berbagai komponen yang terkait seperti Dinas Perhubungan, Dinas Pekerjaan Umum, Polri, DPRD, kalangan dunia usaha dan masyarakat.

“Karenanya kami memberi perhatian yang sungguh-sungguh bagi upaya mewujudkan kondisi angkutan yang baik di Kota Bima. Angkutan Kota yang tertib dan lancar akan memberikan kontribusi yang besar dalam membangun citra yang lebih baik bagi kota yang kita cintai ini”, pungkas Walikota Bima.

Dalam laporan yang disampaikan oleh Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Bima H. Syahrullah, SH, MH., menjelaskan bahwa tahun 2016 ini adalah tahun ketiga keikutsertaan Kota Bima untuk mendapatkan penghargaan Wahana Tata Nugraha, dan tahun 2014 kemarin berhasil mendapat piagam tata nugraha. Syahrullah juga memaparkan visi misi serta gambaran transportasi di di Kota Bima.

Dipaparkannya mengenai kondisi sarana jalan di Kota Bima hampir keseluruhan dapat dilalui dengan baik. Hanya tinggal jalan dari pedesaan dan jalan lingkungan seperti jalan menuju Ndano Nae dan dari kelurahan menuju Kota yang masih membutuhkan pembenahan dan perbaikan. Sedangkan untuk pengujian kendaraan diakuinya masih belum memadai dan Kota Bima masih bekerjasama dengan pihak Kabupaten Bima dalam hal pengujian kendaraan. Hal ini disebabkan beberapa alat pengujian dalam kondisi rusak berat. Namun ke depannya telah disiapkan 2 (dua) alat pengujian yang akan terakomodir pada akhir tahun 2016 ini.

Jhony Siagiaan (Kasubdit Perhubungan Darat Kementrian Perhubungan RI selaku Ketua Tim Penilai menjelaskan bahwa Penghargaan Wahana Tata Nugraha di bedakan dalam empat Kategori yakni: Kategori Angkutan; Kategori Lalu Lintas; Wahana Tata Nugraha Penuh (WTN) dimana Kabupaten/ Kota meraih Kategori Angkutan dan Lalu Lintas; serta Wahana Tata Nugraha Kencana yang diperoleh setelah lima kali berturut turut mendapat WTN. Materi Penilaian WTN meliputi Sarana Angkutan Umum; Prasarana/ Infrastruktur Lalu Lintas; serta Pelayanan Transportasi.

Setelah paparan dari Tim Penilai, Walikota Bima didampingi FKPD Kota Bima didampingi menerima Catatan Lapangan yang diserahkan oleh Tim Penilai.(SP.01/Hum)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.