Header Ads

Wakil Wali Kota Bima Buka Sosialisasi Produk BRI

Wakil Walikota Bima H. A. Rahman H. Abidin SE (Tengah) Membuka Acara Sosialisasi Produk BRI
Kota Bima, Samadapos.com - Senin (22/8) bertempat di Kantor Pelayanan Usaha Terpadu (PLUT) Kota Bima, Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Bima bekerjasama dengan Dinas Koperindag Kota Bima menggelar kegiatan Sosialisasi Produk untuk kredit pangan dan kemitraan serta sosialisasi simpanan dan asuransi BRI Life untuk pelaku Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (KUMKM) Kota Bima. Kegiatan bertema “Optimalisasi PLUT-KUMKM untuk Akses Perbankan yang Lebih Mudah” ini dibuka secara resmi oleh Wakil Walikota Bima H. A. Rahman H. Abidin, SE dan diikuti oleh 50 orang peserta UKM/IKM Kota Bima.

Kepala Dinas Koperindag Drs. Kaharuddin melaporkan bahwa kegiatan sosialisasi ini merupakan kerjasama antara BRI Cabang Bima dengan Dinas Koperindag Kota Bima untuk memudahkan pelaku UKM/IKM mengakses produk perbankan terutama Pinjaman Produk untuk kredit pangan dan kemitraan dari BRI.

Dikatakannya, kegiatan seperti ini tidak hanya terbatas pada sosialisasi saja tetapi BRI Cabang Bima lebih kepada memberikan pelayanan yang mudah dan cepat kepada nasabah UMKM. Menurutnya, selama ini para pelaku usaha tergiur dengan jasa rentenir yang begitu mudah dan cepat untuk mendapatkan pinjaman modal usaha. 

“Saya berharap dengan adanya sosialisasi produk BRI ini pelaku KUMKM tidak mengandalkan rentenir lagi”. Ujarnya.
Peserta Sosialisasi Produk BRI
Pimpinan Cabang BRI Raba Bima, Abdul Muin mengatakan bahwa sosialisasi produk seperti ini pertamakali dilaksanakan di Kota Bima dan kegiatan ini bentuk tindak lanjut dari kerjasama (Mou) antara pihak BRI Cabang Bima dengan Pemerintah Kota Bima beberapa waktu yang lalu.

Dijelaskannya BRI menyediakan dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) bagi KUMKM. Dana KUR yang yang telah disalurkan senilai 39 Miliar diperuntukkan bagi1800 KUMKM Kota Bima. Abdul Muin berharap ada komitmen dan terjalin hubungan jangka panjang antara BRI dan Pemkot Bima sehingga kerjasama ini bermanfaat bagi masyarakat Kota Bima.

Sementara Wakil Walikota Bima, H. A. Rahman H. Abidin, SE dalam sambutannya mengapresiasi Bank BRI Cabang Bima dan Diskoperindag atas terselenggara kegiatan sosialisasi ini. Institusi perbankan merupakan motor penggerak dalam dunia usaha. Terlihat bahwa semakin hari dalam pola pengembangan manajemennya, bank tidak semata berorientasi bagaimana meraup keuntungan. Perhatiannya pada kemaslahatan umat juga tak bisa kita sanksikan lagi. Terbukti banyak bantuan dari institusi perbankan untuk membangun fasilitas umum. Kondisi tersebut sangat membantu masyarakat dan Pemerintah Kota Bima.

Dijelaskan Wakil Walikota untuk membantu masyarakat, Pemerintah Kota Bima pernah menyalurkan dana bergulir tetapi mengalami kemacetan sehingga tidak berlanjut, hal ini disebabkan dinas terkait kurang hati-hati dalam mengelolanya. Untuk melanjutkannya pemerintah mencari cara lain untuk membantu masyarakat. “Untuk itu Dinas Koperindag membuat MoU dengan pihak BRI untuk mendapatkan pinjaman produk perbankan yang lebih mudah dan cepat” Ungkapnya.

Di akhir sambutannya Wakil Walikota berharap peserta memanfaatkan kegiatan sosialisasi dengan baik agar mendapat gambaran yang jelas dan memahami dengan baik produk-produk yang ditawarkan BRI sehingga ke depan bisa menjadi pengusaha yang sukses.(SP.01/H.04)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.