Wakil Walikota Bima Buka Bimtek Penerima Bantuan KUBE

Wakil Walikota Bima H. A. Rahman H. Abidin, SE
Kota Bima, SamadaPos.com - Wakil Walikota Bima H. A. Rahman H. Abidin, SE, membuka pelaksanaan bimbingan teknis bagi para penerima bantuan Kelompok Usaha Bersama (KUBE) yang merupakan program Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Sosnakertrans) Kota Bima.

Bimtek berlangsung di dua lokasi yaitu di aula SMPN 6 Kota Bima dan kantor Camat Rasanae Timur pada hari Kamis, 11 Agustus 2016. Berdasarkan laporan dari Kepala Dinas Sosnakertrans Kota Bima, ada 30 KUBE se-Kota Bima yang mendapat bantuan dana tahun ini. Setiap KUBE dengan anggota berjumlah 10 orang mendapat dana sebesar Rp. 20 juta. Bertindak selaku pemateri adalah H. Mahmud dari Dinas Sosial Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Wakil Walikota berpesan kepada para penerima bantuan, agar dana yang diterima dapat dimanfaatkan secara optimal sesuai bidang usaha yang dijalankan, antara lain pedagang bakulan, olahan makanan, pengrajin, dan peternak.

Wakil Walikota juga mengingatkan kepada dinas terkait untuk terus melakukan pendampingan dan pembinaan.

“Dan tentunya harus ada semangat untuk berubah dan berusaha dari para penerima bantuan KUBE itu sendiri. Karena semua program pemberdayaan masyarakat dan pengentasan kemiskinan yang dilaksanakan tidak akan berhasil tanpa komitmen semua pihak yang terlibat di dalamnya, yaitu masyarakatnya sendiri serta instansi terkait”, katanya.

Kegiatan bimbingan teknis ini dimaksudkan agar para penerima bantuan bisa memahami petunjuk teknis mengenai program KUBE, agar tidak ada masalah dikemudian hari.


Tantangan kedepan adalah bagaimana agar KUBE ini bisa menjadi solusi untuk menanggulangi angka kemiskinan. Caranya adalah memperkuat manajemen KUBE, mentalitas pengurus dan anggota, penerapan teknologi, meningkatkan aksesibilitas permodalan dan jaringan, serta memperkuat sumber daya manusia.(SP.01/Hum)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.