Header Ads

BBGRM Sape: Pj. Bupati Bima Himbau Warga Bayar Pajak

Kabupaten Bima, Samadapos.com - Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat ( BBGRM ) XII dan Hari Kesatuan Gerak PKK ke 43 Tingkat Kecamatan Sape Kamis ( 27/8/2015) yang dipusatkan di Lapangan Semangka desa Naru kecamatan Sape dimanfaatkan Penjabat Bupati Bima Drs. Bachrudin, M.Pd untuk menyampaikan himbauan kepada masyarakat setempat agar memenuhi kewajiban membayar pajak. 
         
"Terkait pembayaran  pajak Bumi dan Bangunan ( PBB), agar sesuai target yang telah ditetapkan,  Para Camat, Pengawas PBB  kecamatan dan Bendahara penerima Pajak bumi dan Bangunan (PBB) P2 agar lebih mengoptimalkan  PBB  dan menumbuhkan kesadaran para wajib pajak  agar  target penerimaan dapat dipenuhi.

           

Sehubungan dengan tahapan Pilkada, Penjabat Bupati menjelaskan  pesta demokrasi yang dilaksanakan untuk memilih Bupati dan Wakil Bupati Bima periode 2015 – 2020 sesuai  hati nurani dengan memberikan hak pilihnya pada saat pencoblosan.

       

Oleh karena itu agar  pesta demokrasi ini berlangsung lancar dan demokratis,  semua pihak khususnya masyarakat Sape dihimbau agar tetap menjaga kondusivitas agar tidak terjadi hal -hal yang mengganggu tahapan Pilkada tersebut". 

         

Pj. Bupati juga mengharapkan  kepada para petugas KPPS agar dapat melaksanakan tugasnya dengan sebaik – baiknya  mengingat perannya cukup penting bagi keberhasilan Pilkada. 

           

Camat Sape Muhaymin, S.Adm laporannya menyampaikan  sesuai usulan 18 desa yang ada di kecamatan Sape, dari tiga bidang perencanaan antara lain bidang ekonomi 170 usulan, bidang fisik sarana dan prasarana 170 usulan, usulan bidang sosial budaya 313 usulan dengan total estimasi biaya Rp. 208,63 milyar.

             

Ditilik dari sisi belanja pegawai dan Biaya tidak terduga untuk 18 desa sebesar Rp. 5,98 milyar.  Sementara komponen  belanja langsung 18 desa  terbagi dalam bidang penyelenggaraan pemerintah desa  sebesar Rp.1,95  milyar,  bidang  pembangunan desa  sebesar Rp. 2,67 milyar, pembinaan kemasyarakatan desa Rp. 99.3 juta,  bidang pemberdayaan masyarakat desa Rp. 640,9 juta.  Sehingga total dana APBDes Desa 18 desa yang ada adalah Rp. 11,35 milyar. 

          

Menyinggung  dana  PNPM – MPd yang digulirkan, kecamatan Sape mendapatkan alokasi  sejumlah Rp. 7,54 milyar  dan diperuntukan bagi  kebutuhan usaha simpan pinjam kelompok perempuan untuk kelancaran usaha baik usaha bakulan, perkiosan, perdagangan dan usaha lainnya.

     

Muhaymin menjelaskan,  sesuai amanat Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan transmigrasi RI nomor: 134 / DPPMD / VII / 2015 aset PNPM – MPd akan menjadi aset desa sesuai dengan juklak Juknis dan panduan yang sudah disosialisaikan di masing – masing desa.   

       

Penjabat Bupati Bima Drs. Bachrudin, M.Pd menyerahkan sejumlah  bantuan diantaranya 50 unit perangkap kepiting kepada Syamsudin, Ketua Kelompok Ndoko  desa Bugis , 5 unit Gill Net 2,5 Inchi  kepada Sahril Ramadhan, ketua kelompok Sori Jo. Bantuan juga diserahkan kepada Jufrin, ketua kelompok Sinar Laut desa Bugis kecamatan sape berupa 4 unit  bantuan Warring Bagan.

         


Momentum pencanangan BBGRM tingkat kecamatan Sape ditandai  peletakan batu pertama pembangunan  jalan baru Desa Naru dan desa Naru Barat.(SP.01)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.