Bupati Bima Salurkan Dana Infak Pada 365 Kaum Duafa

Bupati Bima Hj. Indah Damayanti Putri Salurkan Dana Infak Pada Kaum Duafa
Kabupaten Bima, samadapos.com - Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri bersama Baznas Kabupaten Bima, Rabu (14/9/2016) bertempat di aula kantor Camat Palibelo menyalurkan atas pendistribusian dana zakat infak dan sedekah kepada kaum duafa yang berada di Kecamatan Palibelo.

Penyerahan Dana Zakat, infak dan sadekah turut dihadiri oleh Assisten Pemerintahan dan Kesra Setda Bima, ketua TP.PKK.Kabupaten Bima, Camat Palibelo beserta unsure Muspika kecamatan serta seluruh warga masyarakat terutama para kaum duafa yang ada di kecamatan Palibelo.

Bupati Bima dalam arahan mengatakan bahwa dengan adanya kehadiran Zakat ini bagi pemerintah sangatlah penting dalam rangka  mendukung kegiatan ekonomi masyarakat khususnya masyarakat miskin dan kurang mampu juga untuk kegiatan ekonomi produktif lainnya.

“Oleh karena itu dengan segala kemampuan yang ada pemerintah daerah akan berupaya untuk melakukan sosialisasi secara sistematis dan berkelanjutan agar target penerimaan zakat, Infak dan sedekah di Kabupaten Bima ini dapat mengalami peningkatan”.

Sehingga pada gilirannya dapat memberikan sumbangan nyata bagi pembangunan khususnya bidang ekonomi daerah, dan pada yang pada saat yang sama juga dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat ekonomi lemah dan masyarakat miskin di daerah ini.

Khusus di wilayah kecamatan Palibelo, jumlah zakat Mal  dan Zakat Fitrah tahun ini sebesar Rp. 93,7 juta  dan 90% atau Rp.84,4 juta disalurkan yang mana pendistribusian diperuntukan pada Fakir miskin konsumtif, kelompok usaha, Mu’allaf, masjid dan mushola, madrasah dan sekolah, pegawai sukarela, dan beasiswa yang berjumlah Rp. 84,4 juta  kepada 365 orang penerima.

Bupati berharap agar Jakat Infaq dan Sedekah yang akan diserahkan ini dapat memberikan manfaat yang sebesar besarnya bagi para penerima baik perorangan maupun kelompok usaha.

Menurut Ketua pelaksana Baznas Kabupaten Bima H.Abubakar H.Usman, BA dalam pengantar menyampaikan bahwa penerimaan dan pendistribusian dana zakat infak dan sedekah untuk kecamatan palibelo terutama penerimaan zakat maal pertanian, perdagangan dll sebesar 41.000.000,- zakat fitrah sebesar 52.795.000,-.

Sehingga total mencapai Rp. 93.795.000,- sedangkan untuk pendistribusian dan penerimaan dana Zakat Infaq dan Sedekah khusus kecamatan Palibelo total keseluruhan mencapai Rp.85.400.000,-  yang diperuntukan bagi 365 orang penerima zakat.

Direncanakan penyaluran dana Zakat Infaq dan Sedekah ini akan dilaksanakan di 18 kecamatan se – kabupaten Bima oleh Baznas Kabupaten Bima.


Pada kesempatan ini Bupati Bima menyerahkan secara simbolis bantuan dana Zakat infak dan Sedekah kepada 7 (tujuh) orang Kaum Dhuafa penerima dana  Zakat, Infaq, dan Sedekah yang berada di kecamatan palibelo. Imbuhnya.(SP/Hum)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.