Header Ads

Cetak Sawah Baru 2016 Sukses, Dinas Pertanian Bersama TNI Gelar Penanaman Perdana

Perwakilan Bupati Bima, Perwakilan Ketua DPRD kabupaten Bima, Kadis Pertanian Kabupaten Bima, Kepala BPPPPK kabupaten Bima, Dandim Bima, Kasdim Bima, Kapolres Bima, Kolonel Zhi Ita Jayadi, Kapolsek Wera, Camat Wera dan Danramil Wera Melakukan Penanaman Secara Simbolis. Foto: Nurdin Micky
Kabupaten Bima, Samadapos.com - Upaya untuk meningkatkan produksi dan produktivitas pertanian tanaman pangan khususnya padi dalam upaya mendukung program Ketahanan Pangan Nasional terus digenjot, salah satunya melalui percetakan sawah baru dan penanaman padi serentak Sabtu (24/9/2016) di kelompok tani So Simbu II Desa Tawali Kecamatan Wera.
Selanjutnya Penanaman Dilakukan Oleh Ibu Ibu Petana Dari Kelompok So Simbu 2 Desa Tawali Kecamatan Weara kabupaten Bima. Foto: Nurdin Micky


Pada kesempatan tersebut, hadir  sejumlah pejabat sipil dan TNI untuk bersama-sama melakukan penanaman padi pada lahan pencetakan sawah baru seluas 70 hektare. Bupati Bima yang diwakili  Kepala Bagian Administrasi Perekonomian Setda Bima Iwan Setiawan, SE didampingi Kepala Pelaksana Lapangan (Kalaklap) Program Cetak Sawah Nusa Tenggara Barat Kolonel CZI Ita Jayadi, Kasdim 1608/Bima, Anggota DPRD, Kadis Pertapa Kabupaten Bima Camat Wera dan Ambalawi.
   

Dalam Sambutannya, Kepala Dispertapa Kabupaten Bima Ir. Muhammad Tayeb  memaparkan untuk mendorong Ketahanan pangan nasional menjabarkan Upaya Khusus (UPSUS) bidang pertanian untuk meningkatkan produksi dan produktivitas hasil padi dan Palawija. Selain itu juga tengah dikembangkan komoditi bawang merah pada beberapa kecamatan yang menjadi sentra produksi komoditi sayuran ini.
Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Dan Holti Kultura Kabupaten Bima Ir. M. Tayeb Menyampaiakan Sambutan.
         
Dalam dua tahun terakhir, kata Tayeb, dukungan pemerintah melalui program percetakan sawah baru terus mengalami peningkatan. Pada tahun 2015 Kabupaten Bima mendapatkan alokasi cetak sawah baru seluas 2.780 Ha senilai Rp 45,8 miliar.
        
"Setelah melihat keberhasilan program ini pada tahun lalu, tahun 2016 ini pemerintah pusat kembali menggelontorkan dana untuk kegiatan cetak sawah baru seluas 4.457 hektar senilai Rp 71,3 miliar. Dengan demikian, luas lahan yang telah dicetak di Kabupaten Bima telah mencapai 7.237 Ha atau Rp. 117 miliar". Terang Tayeb.
  

Selanjutnya, Kolonel Czi Ita Jayadi dalam sambutannya memaparkan, kegiatan penanaman serentak ditujukan untuk mendukung program peningkatan ketahanan pangan yang telah dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo. Ditambahkannya , penanaman yang dilaksanakan dengan para petani di Kecamatan Wera ini juga merupakan satu ikhtiar untuk mengawal agar produksi beras dapat terus ditingkatkan menuhi kebutuhan masyarakat dan dapat dipasarkan ke wilayah lainnya.
Kepala Pelaksana Lapangan Percetakan Sawah Baru NTB Kolonel Czi Ita Jayadi Menyampaikan Sambutan
            
Menurut Ita Jayadi, pada tahun ini provinsi NTB mendapatkan alokasi 11.400 hektare percetakan sawah baru yang tersebar pada sejumlah daerah  yaitu Kabupaten Lombok Timur, Lombok Utara, Kabupaten Sumbawa, Kabupaten Sumbawa barat, Kabupaten Dompu dan Kabupaten Bima.
            
"Dari luas areal tersebut, Kabupaten Bima mendapatkan lahan cetak sawah baru seluas 4. 457 hektar dengan nilai uang 81 Miliar Rupiah” Ungkap Jayadi.
       
Ia berharap, ke depan dengan bertambahnya areal tanaman padi ini, kebutuhan masyarakat akan beras dapat dipenuhi.
       
Sementara itu, bupati Bima yang di wakili Kepala Bagian Administrasi Perekonomian Setda  Iwan setiawan, SE mengatakan, Program cetak sawah baru ini ditujukan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat masyarakat khususnya yang menggantungkan hidupnya pada sektor pertanian tanaman pangan.
Kabag Ekonomi Setda Kabupaten Bima Iwan Setiawan SE, mewakili Bupati Bima Menyampaiakan Sambutan.
Oleh karena itu jelas Iwan, pemerintah daerah memberikan apresiasi dan menyambut baik program cetak sawah baru ini sebagai tindaklanjut instruksi Presiden Republik Indonesia untuk membawa Kabupaten Bima khususnya dan bangsa Indonesia wujudkan swasembada pangan.
          

Rombongan selanjutnya melakukan penanaman bersama padi secara simbolis yang diwakili oleh Perwakilan Bupati Bima, Perwakilan Ketua DPRD kabupaten Bima, Kadis Pertanian Kabupaten Bima, Kepala BPPPPK kabupaten Bima, Dandim Bima, Kasdim Bima, Kapolres Bima, Kolonel Zhi Ita Jayadi, Kapolsek Wera, Camat Wera dan Danramil Wera.(SP.01)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.