Harganas Ke-23 Tingkat Provinsi NTB Di Kota Bima diawali Gelar Dagang dan Pameran


Kota Bima, Samadapos.com - Semangat Hari Keluarga Nasional (Harganas) yang dilaksanakan setiap tahun sebagai bentuk upaya untuk menjadikan keluarga serta subyek dan obyek pembangunan menuju bahagia dan sejahtera. Dengan semangat Harganas diharapkan bangkitkan Program Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga untuk meningkatkan ketangguhan dan kemandirian keluarga menjadi lebih bermakna.

Demikian disampaikan Drs. H. Jamiluddin, MM, dari BKKBN Provinsi NTB, dalam sambutannya ketika membuka Pameran dan Gelar Dagang dalam rangka Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXIII Tingkat Provinsi NTB Tahun 2016, di Kota Bima, Minggu (18/09). Kegiatan gelar dagang dan pameran ini merupakan yang pertama dari rangkaian acara Harganas ke-23 tingkat Provinsi NTB yang dilaksanakan di Kota Bima tanggal 18 hingga 20 September 2016.

Peringatan Harganas ini merupakan perwujudan dan perhatian dan kita semua dalam upaya menjadikan keluarga sebagai subyek dan obyek pembanghunan bangsa. Keluarga merupakan wahana pertama dan utama dalam penyamaian nilai luhur bangsa dan bagi pengembangan sumber daya manusia (SDM), yang berkualitas sehingga keluarga Indonesia akan terbentuk menjadi keluarga kecil bahagia, sejahtera, dan keluarga yang tangguh dan mandiri.

Dalam peringatan keluarga yang ke – XXIII Tahun 2016, dilaksanakan berbagai kegiatan diantaranya gelar dagang dan pameran keragaman kerajinan yang diikuti oleh 10 Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi NTB. Pada waktu yang sama juga dilaksanakan lomba mewarnai bagi anak-anak tingkat PAUD/TK dan Sekolah Dasar di Taman Ria Kota Bima. Sedangkan pada Senin (19/09) akan dilaksanakan pula jalan sehat keluarga dengan start depan Kantor Walikota Bima dan finish di Lapangan Serasuba (Ex. Lapangan Merdeka).

Dijelaskan pula oleh Drs. Jamiluddin MM bahwa acara gelar dagang dan pameran ini selain dalam rangka meningkatkan komitmen untuk pembangunan kependudukan dan keluarga berencana juga menjadi sarana silaturrahim bagi Kabupaten/Kota se-NTB dalam mengelola program KKBPK. Disampaikannya pula apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Kota Bima selaku Tuan Rumah pelaksanaan Hargana XXIII Tingkat Provinsi NTB, dimana acara HARGANAS kali ini diakuinya sebagai pelaksanaan Harganas termeriah dengan rangkaian kegiatan yang begitu banyak.

Kota Bima sendiri terpilih menjadi tuan rumah karena Kota Bima menjadi salah satu daerah di Provinsi Nusa Tenggara Barat yang terbilang berhasil dalam program KKBPK, dima Walikota Bima HM Qurais H.Abidin juga pada peringatan Harganas Tingkat Nasional yang dilaksanakan di Kupang pada Bulan Juli lalu menerima penghargaan Satyalancana Pembangunan di bidang Kependudukan dan Keluarga Berencana.

Dalam sambutannya Wakil Walikota Bima H.A Rahman H. Abidin SE menyampaikan ucapan selamat datang kepada seluruh tamu dan peserta kegiatan gelar dagang dan pameran dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-23 tingkat Provinsi NTB Tahun 2016. Disampaikannya pula ucapan terima kasih karena kota bima dipilih sebagai tuan rumah peringatan HARGANAS Provinsi NTB tahun ini.

“Sebagai tuan rumah, Pemerintah Kota Bima didukung oleh DPRD, FKPD serta berbagai elemen masyarakat, akan berupaya maksimal untuk kesuksesan kegiatan ini yang memiliki makna penting dalam upaya pembangunan, khususnya pembangunan bidang kependudukan”, papar Wawali.

Baginya, kegiatan gelar dagang dan pameran, memiliki beberapa manfaat yang luar biasa antara lain: (1) Sebagai ajang sosialisasi capaian pembangunan daerah provinsi NTB; (2) Sebagai ajang promosi potensi daerah; (3) Sebagai sarana silaturahim pemerintah dan masyarakat; (4) Dan sebagai media promosi produk para pelaku usaha untuk pemberdayaan ekonomi rakyat.

“Pada gelar dagang ini masyarakat dipersilahkan untuk melihat hasil produk yang merupakan unggulan daerah. Semoga melalui kegiatan ini bisa terbangun network bagi para peserta gelar dagang, sehingga dapat memperluas jangkauan pemasaran produk”, harapnya.

Kegiatan gelar dagang dan pameran dalam rangka peringatan HARGANAS XXIII Tingkat Provinsi NTB ini dihadiri unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kota Bima, rombongan dari BKKBN Provinsi NTB, Sekretaris Daerah, Pimpinan BUMN/BUMD dan kepala SKPD lingkup Peerintah Kota Bima dari berbagai tingkatan.

Acara pembukaan Pameran dan Gelar Dagang tersebut diakhiri dengan peninjauan lokasi pameran dan gelar dagang oleh Wakil Walikota Bima bersama BKKBN Provinsi Nusa Tenggara Barat dan didampingi pula oleh Kepala SKPD lingkup Pemerintah Kota Bima yang hadir dalam gelar dagang tersebut.(ADV)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.