Header Ads

Jelang Pelantikan Jena Teke, Dinas Pariwisata Dan Lembaga Adat Sara Dana Mbojo Gelar Lomba Kareku Kandei

Peserta Lomba Kareku Kandei Dari Kecamatan Wawo Kabupaten Bima
Kabupaten Bima, Samadapos.com - Dinas kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bima bersama Majelis Adat Sara Dana Mbojo mengadakan kegiatan lomba kareku kandei dan rawa mbojo yang dilangsungkan di halaman ASI Mbojo, Kamis malam (15/9/2016) yang diikuti oleh 18 kecamatan Se– Kabupaten Bima.

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Bupati Bima Hj.Indah Dahamayanti Putri, Putra Mahkota XVII Kesultanan Bima Muhammad Putera Ferryandi, Ketua TP.PKK. Kabupaten Bima, seluruh camat , panitia pelaksana.

Bupati Bima Hj.Indah Dhamayanti Putri mengatakan bahwa dengan adanya lomba kareku kandei dan rawa mbojo ini dalam rangka ikut melestarikan budaya nenek moyang kita pada zaman dulu, yang mana kareku kandei dan rawa mbojo ini sangat terkenal luas di mata masyarakat Kabupaten Bima dan pada masa kerajaan Bima dahulu.

“Oleh karena itu saya selaku kepala daerah menyambut baik gagasan yang dilaksanakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata yang bekerja sama dengan Lembaga Adat Sara Dana Mbojo dalam melestarikan budaya Bima terutama kareku kandei dan rawa mbojo.” Kata Bupati Bima.

Bupati berharap semoga dengan adanya kegiatan seperti ini kedepanya dapat dilaksanakan sehingga pada saatnya nanti dapat mengenalkan kepada anak cucu kita agar dapat bersama – sama  melestarikan budaya kita terutama kareku kandei dan rawa mbojo.

Menurut panitia lomba Abdul karim Azis, SH dalam pengantar bahwa kegiatan lomba kareku kandei dan rawa mbojo ini dalam rangka melestarikan budaya kita sekaligus rangkaian dari kegiatan penobatan Jenateke (Putra Mahkota) ke- XVII Kesultanan Bima yang akan dilaksanakan pada tanggal 18 September 2016 di halaman ASI Mbojo.


Dengan adanya kegiata festival seperti ini mari kita dukung bersama dalam rangka menghidupkan kembali budaya kareku kandei dan rawa mbojo yang sangat terkenal dan fenomenal. Direncanakan kegiatan ini akan berlangsung selama 2 (dua) hari mulai tanggal 15 sampai 16 September 2016 di Halaman ASI mbojo.(SP.01/H.01)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.