Header Ads

Jerico, Juara I Pemuda Pelopor NTB

Kabupaten Bima, samadapos.com - Pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-87 tingkat Kabupaten Bima yang dilaksanakan Rabu (28/10)  di halaman kantor Bupati Bima juga diisi dengan penyerahan beberapa penghargaan. 
     
Usai pelaksanaan upacara , Sekretaris Daerah Kabupaten Bima Drs. H. M. Taufik HAK, M.Si yang bertindak selaku inspektur upacara melakukan penyerahan beberapa penghargaan. 

     

Berdasarkan Surat Keputusan Bupati Bima nomor 188. 45/879 /03.2/2015 telah ditetapkan Peringkat Pemuda Pelopor Tingkat Kabupaten Bima.

Dari empat kategori yang dilombakan, Kabupaten Bima hanya memperlombakan dua kategori yaitu Bidang Kepeloporan Sosial Budaya dan Pariwisata serta Bidang Kepeloporan Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan. 

           

Pada kelompok  budaya dan pariwisata, Ariyanto, S. PD asal Desa Maria Kecamatan Wawo meraih juara I , disusul pada posisi II oleh M. Yahya warga Desa Cenggu Kecamatan Belo. Sedangkan pada posisi III diraih Mawardi, SH dusun Benteng desa Tolowata Kecamatan Ambalawi.

      

Pada Bidang Kepeloporan Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan, juara I diraih oleh Jerico, warga Dusun Toi desa Rasabou Kecamatan Sape. Juara II disabet Heridin, S.Pdi dan juara III diraih Ahmad Marzuki, SE dari desa Teke Kecamatan Palibelo.

     

Jerico, Juara I pelopor pada bidang pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan,  menjadi duta Kabupaten Bima pada lomba pemuda pelopor tingkat provinsi NTB dan  berhasil meraih juara satu pada ajang tersebut.   Keberhasilan ini pula mengantar Jericho mewakili provinsi Nusa Tenggara Barat pada ajang yang sama.

       

selain pemuda pelopor pemerintah daerah juga memberikan penghargaan pada bidang pertanian yaitu Penghargaan kelompok tani berprestasi dan Penyuluh berprestasi tahun 2015.

      

Berdasarkan surat keputusan gubernur provinsi Nusa Tenggara Barat nomor: 521.12.381 tahun 2015 tentang juara lomba kelompok tani berprestasi komoditas padi, jagung, kedelai dan sapi , Penyuluh Pendamping kelompok tani berprestasi, petani teladan , Penyuluh PNS teladan, pada kelompok tani berprestasi untuk komoditas padi kelompok tani (Poktan) Diwu Nonu  desa Mpuri Madapangga meraih juara II.   

       

Demikian halnya pada kelompok komoditas jagung , kelompok tani Sera Wunta  desa Rade kecamatan Madapangga juga meraih juara II. Keberhasilan ini membawa kedua kelompok tani ini meraih Piagam, Tropi dan uang pembinaan senilai masing-masing Rp. 8 juta.

     

Masih pada kelompok tani berprestasi ini, pada komoditas kedelai , kelompok tani Kancoa Rida desa Kananga Bolo berhasil meraih juara III dan berhak mendapatkan Piagam, Tropi dan uang pembinaan sebesar Rp 6 juta. 

        

Sementara pada kelompok gabungan kelompok tani berprestasi , Gapoktan usaha sejahtera desa Teke Kecamatan Palibelo juga meraih juara III tingkat provinsi NTB dan berhak mendapatkan Piagam, Tropi dan uang pembinaan sebesar Rp 2,5 juta

        

Disamping itu pada kelompok penyuluh pendamping untuk kelompok tani padi PPL desa Mpuri Kecamatan Madapangga, Arafah berhasil meraih juara II, sedangkan pada pendamping kelompok tani jagung berprestasi , PPL desa Rade kecamatan Madapangga, Siti Rahmah juga berhasil meraih juara II. Atas keberhasilan ini kedua penyuluh berhak atas piagam, trofi, dan uang pembinaan masing-masing Rp 3 juta.

       

Masih pada kelompok penyuluh pendamping ini, Mukmin, A.Md  Penyuluh Pendamping kedelai  PPL Desa Kananga Bolo berhasil meraih juara III dan berhak atas Piagam, Tropi dan uang pembinaan.  

      


Dengan disaksikan para tamu undangan, penyerahan hadiah dan piala kepada juara I pemuda pelopor tingkat Kabupaten Bima diserahkan oleh ketua DPRD Kabupaten Bima Hj. Murni Suciati sedangkan juara pada kelompok tani berprestasi diserahkan oleh ketua Pengadilan Negeri Raba-Bima. Selanjutnya Sekretaris Daerah Kabupaten Bima menyerahkan piala dan hadiah kepada Penyuluh Pendamping Berprestasi.(SP.01)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.