Header Ads

Sekda Kota Bima Tutup Kegiatan Lomba Mewarnai Gambar Bagi Anak-Anak

Kota Bima, samadapos.com - Usai menghadiri pembukaan Gelar dagang dan Pameran di Lapangan Serasuba (Ex. Lapangan Merdeka), Sekretaris Daerah Kota Bima menyempatkan diri menyaksikan dan menutup kegiatan Lomba mewarnai bagi anak-anak dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-23 Tingkat Provinsi NTB Tahun 2016 yang dilaksanakan di Taman Ria Kota Bima.

Adapun tujuan dilaksanakannya Lomba mewarnai bagi anak-anak ini adalah dalam rangka meningkatkan pengetahuan, peran serta orang tua dalam tumbuh kembang anak serta merupakan upaya mengasah keterampilan anak dan menanamkan wawasan kependudukan sejak dini kepada para peserta. Diharapkan dengan lomba ini dapat meningkatkan pula motivasi dan semangat orang tua untuk menerapkan 8 (delapan) fungsi keluarga menurut BKKBN yakni fungsi agama, fungsi sosial, fungsi cinta kasih, fungsi perlindungan, fungsi ekonomi, fungsi pendidikan, fungsi pelestarian lingkungan, dan fungsi reproduksi.

Peserta kegiatan lomba mewarnai tingkat PAUD 140 orang sedangkan peserta tingkat SD berjumlah 90 orang dan peserta tidak hanya dari Kota Bima tetapi juga diikuti oleh peserta dari Kabupaten Bima dan Kabupaten dompu. Para peserta juga dihibur oleh pendongeng yakni Herman Husdiawa, S.Pd atau yang akrab di sapa Kak Wawan. Cerita dikemas dengan menarik yang berisi tema menjadi Orang tua hebat.

Sekretaris Daerah Ir. Muhamad Rum dalam arahannya menyampaikan perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan menyadarkan kita untuk mengenalkan pendidikan lebih dini pada anak-anak. Sekarang dengan adanya jenjang pendidikan yang terstruktur mulai dari PAUD sampai perguruan tinggi, pembangunan karakter anak bisa dilakukan sejak usia dini secara bersama oleh pihak sekolah dan orangtua. Menurut data BPS tahun 2016, di Kota Bima terdapat 32 TK Negeri dan 35 TK Swasta, serta 72 SD Negeri dan 10 SD Swasta. Jumlah ini untuk sementara sudah cukup representatif jika diukur dengan jumlah penduduk Kota Bima. Yang perlu kita upayakan bersama adalah peningkatan kualitas sarana dan prasarana serta kompetensi tenaga pengajar, khususnya untuk jenjang pendidikan anak usia dini.

“Memilih dan menggoreskan warna merupakan petualangan bagi mereka, banyak hal baru yang akan mereka dapatkan dan itu merupakan pengalaman batin yang tak terbayar oleh uang.Sebagai guru dan orangtua, kita wajib memberi dorongan dan semangat kepada anak-anak kita, sepanjang aktivitas yang dilakukannya bersifat positif”, pungkas Sekda.

Diakhir sambutannya disampaikan ucapan terima kasih kepada panitia juga kepada para guru dan orangtua yang mendampingi anak-anak para peserta lomba.

“Sesungguhnya hasil yang paling berharga dari perlombaan ini adalah pengalaman serta kesempatan untuk berkenalan dengan teman-teman baru”, papar Sekda.


Lomba mewarnai ini meperebutkan berbagai hadiah menarik yakni untuk Juara I mendapatkan hadiah uang pembinaan sebesar 1,5 juta beserta Tropi, piagam dan bingkisan. Untuk juara II mendapatkan uang pembinaan sebesar 1 juta beserta Tropi, piagam dan bingkisan. Sedangkan Juara II mendapatkan hadiah uang pembinaan sebesar 750 ribu beserta Tropi, piagam dan bingkisan.(SP.01/H.02)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.