Sekda: Simulasi Penting Wujudkan Daerah Tangguh Bencana

Foto  Bersam Usai Apel Siaga Bencana
Kabupaten Bima, samadapos.com - Kesiap siagaan menghadapi potensi terjadinya bencana merupakan salah satu aspek penting untuk mengurasi terjadinya timbulnya korban bencana. Bupati Bima yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Bima Drs. H. M Taufik HAK, M.Si, Kamis (22/9/2016) memimpin Simulasi  dan Apel Siaga Bencana Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (TRC-PB) Kabupaten Bima di lapangan desa Nipa Kecamatan Ambalawi.

Pada kesempatan tersebut Sekda yang didampingi Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD0 kabupaten Bima SUmarsono, SH, MH, Camat Ambalawi Drs. Aidin, Muspika  dan para pejabat teras BPBD. Dalam amanatnya di hadapan  Instansi terkait Lingkup Pemerintah Kabupaten Bima, BMKG dan POS SAR Bima,

Satuan Tugas Tim Reaksi Cepat (TRC) Penanggulangan Bencana Kabupaten Bima Palang Merah, TNI dan Polri,  siswa dan masyarakat Kecamatan Ambalawi, Sekda menyampaikan beberapa pesan.

“Simulasi hari ini merupakan salah satu ikhtiar bersama untuk mengantisipasi kejadian bencana yang dapat sewaktu-waktu datang.  Pengetahuan tentang tanggap darurat, rekonstruksi dan rehabilitasi, sangat perlu dalam penanggulangan bencana. Sebab jika suatu saat benar-benar terjadi  bencana, Tim bersama masyarakat mengetahui secara menyeluruh proses  evakuasi korban bencana”. Kata Sekda.

Itulah sebabnya, Simulasi yang digelar hari ini merupakan wahana strategis untuk berbagi informasi dan pengalaman para pemangku kepentingan khususnya Tim Reaksi Cepat Penanganan Bencana.

Sekda berpesan, seluruh elemen yang terlibat dalam simulasi diharapkan dapat mengikuti kegiatan  ini secara sungguh-sungguh, bersinergi dan mengetahui peran masing-masing apabila terjadi bencana. Sehingga akan terwujud  kesiapsiagaan dan kerjasama antar seluruh elemen yang ada dalam menghadapi dan mengurangi dampak bencana.

Menutup amanatnya, H.M. Taufik, HAK  menyampaikan ucapan terima kasih atas partisipasi semua pihak, baik instansi pemerintah,  masyarakat  yang  telah  ikut serta pada kegiatan Simulasi Kesiap Siagaan  dan berharap kiranya informasi, pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh dalam simulasi ini, menjadi modal berharga dalam mewujudkan Kabupaten Bima Tangguh Bencana.


Acara kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan kesiapan pasukan dan simulasi bencana.(SP.01/H.01)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.