Workshop Akhir Integrated Total-Sanitation Project East Sumbawa

Suasana Workshop
SAMADAPos.com, Kota Bima - Y consultant Belanda bekerjasama dengan pemerintah Kota Bima dan Pemerintah Kabupaten Dompu gelar Workshop akhir Integrated Total Sanitation Project For East Sumbawa, di Hotel Mutmainnah pada Selasa (30/08). Acara ini dihadiri oleh Bupati Dompu Drs. H. Bambang M Yasin, Ketua DPRD kabupaten Dompu, Sekretaris Daerah Kota Bima beserta para Kepala SKPD terkait di dua Kota/Kabupaten yakni pemerintah Kota Bima dan Kabupaten Dompu.

Acara ini diawali dengan pemberian cinderamata oleh pihak Y Consultant Belanda, Bapak Roy Timer Kepada Bupati Dompu dan Sekretaris Daerah Kota Bima. Pemberian Cinderamata ini berupa foto salah satu pilot project yang dilaksanakan di Kota Bima maupun di Kabupaten Dompu. Untuk di Kabupaten Dompu Pilot Project yang telah dikerjakan oleh Y Consultant berupa saluran air/drainase sekunder sepanjang 350 meter. Sedangkan di Kota Bima pilot project berupa pembangunan sistem IPAL di Lingkungan Bonto Kelurahan Kolo Kecamatan Asakota.

Roy Timer dalam sambutannya mengharapkan pilot project yang telah dikerjakan ini bisa menjadi contoh bagi pengembangan dan pembangunan sistem sanitasi baik di Kota Bima maupun di Kabupaten Dompu. Diakuinya pula bahwa kerja sama yang telah berlangsung selama 3 tahun terakhir ini antara Y Consultant dengan dua Kota/Kabupaten ini sangat baik sehingga diharapkan ke depannya ini menjadi langkah awal untul lebih meningkatkan pembangunan sistem sanitasi di kedua wilayah dan dapat memberikan konstribusi yang bermanfaat untuk masyarakat.

Dalam sambutannya Bupati Dompu Drs. H. Bambang M Yasin menyampaikan bahwa apa yang telah dilakukan oleh Y Consultant ini akan selalu menjadi contoh untuk pembangunan saluran dan drainase yang baik ke depannya. Disampaikannya pula bahwa pada tanggal 17 Agustus lalu bertepatan dengan HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, Kabupaten Dompu telah mencanangkan Program Dompu Bersih.

“Dalam mencapai hal tersebut tentunya diperlukan sinergisitas dan kerjasama dari seluruh pemangku kepentingan terutama kesadaran masyarakat akan pentingnya hidup bersih”, papar Bupati Dompu.

Sekretaris Daerah Kota Bima, Ir Muhamad Rum menjelaskan, sanitasi komunal yang telah dibangun dari kerjasama dengan Y Consultant ini adalah dimana masyarakat bisa bersama-sama memiliki sarana sanitasi tetapi tidak menjadi milik pribadi. Tujuan akhir yang ingin dicapai tentu saja agar kita mampu untuk mengelola sistem sanitasi dengan baik, dari segi teknis, kelembagaan dan manfaatnya, serta memberi sosialisasi kemauan dan kemampuan masyarakat memanfaatkan serta memelihara sarana yang ada.

“Pada kesempatan ini saya meminta kepada peserta workshop untuk memiliki komitmen dan tanggungjawab dalam membangun daerah baik itu Kota Bima maupun Kabupaten Dompu menjadi lebih baik, terutama untuk dapat membantu mengubah persepsi masyarakat mengenai manfaat sanitasi air bersih,” himbau Sekda Kota Bima.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan akhir oleh Narasumber dari Bappeda Kota Bima dan Bappeda Kabupaten Dompu.(SP.01/H.02)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.