Header Ads

Bimtek Kepala Sekolah, Wabup Dahlan: Disiplin, Kunci Kemajuan Pendidikan


Arahan Wakil Bupati Bima Drs. H. Dahlan H.M Noer M.Pd Pada Bimtek Kepala Sekolah

Bima, MediaNTB.com - Berbicara tentang pembinaan pada jajaran kependidikan,  maka hal pertama yang harus ditegakkan adalah disiplin karena ini merupakan aspek penting peningkatan kualitas bidang pendidikan.

Demikian ungkap Wakil Bupati Bima Drs. H. Dahlan M. Noer saat membuka Bimbingan Teknis (BIMTEK) Pembinaan  Unit Pelaksana Teknis (UPT) kecamatan dan Sekolah Jajaran Dinas Pendidikan, Pemuda dan Oleh Raga Kabupaten Bima Kamis (27/10) di Aula SMPN 6 Kota Bima.

Dalam Bimtek yang diikuti 190 peserta dari pejabat Eselon III dan eselon IV lingkup Dikpora, para kepala UPT, Kepala SMP SMA / SMK Se-Kabupaten Bima  tersebut, Dahlan memaparkan, “sikap, tindak-tanduk dan perilaku yang bertentangan dengan disiplin guru harus dirombak secara bertahap,  dan semuanya harus berawal dari kemampuan. Artinya bila semua memiliki kemauan untuk berubah, maka akan ada jalan. Saya yakin jajaran Dikpora Kabupaten Bima mau mengubah cara berfikir (mindset) siswa dan orang tua murid sebagai mitra”. Paparnya.

Wabup mengatakan, “bimbingan teknis ini merupakan satu upaya yang selaras dengan arahan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dimana dunia pendidikan Indonesia membutuhkan guru “pembelajar”, yaitu guru yang terus- menerus melakukan pengembangan diri hingga akhir hayat dan salah satu pengembangan diri itu adalah melalui kegiatan Bimtek seperti ini . Jelas Dahlan.

Dirinya menambahkan, “guru pembelajar diyakini akan menentukan karir guru di masa depan karena akan selalu termotivasi untuk mencari ilmu dan menerapkan secara profesional ilmu yang mengutamakan kualitas. Oleh karena itu, saya tegaskan agar jangan ada kepala sekolah yang tidak mengutamakan mutu dalam proses pembelajaran”.

Tugas penting pendidik berkaitan dengan karakter, dan tugas utama guru antara lain membangun karakter pada diri siswa supaya tidak menjadi bagian dari masalah dan selalu berupaya untuk mencari solusi terhadap masalah yang dihadapi”. Jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Dikpora yang diwakili Sekretaris H. Nasrullah, S.Sos  dalam laporannya mengatakan, “BIMTEK ini ditujukan agar para peserta memahami kebijakan strategis SKPD, disiplin ASN, organisasi perangkat daerah dan pentingnya memahami evaluasi jabatan dan sasaran kerja pegawai (SKP).

Aspek lain yang diharapkan dari bimbingan teknis ini tambah Nasrullah adalah peserta memahami tentang adminstrasi dan manajemen kepegawaian, pentingnya koordinasi dan integrasi program antara SKPD dengan UPT Dikpora dan sekolah .

Dilihat dari komposisi peserta, kegiatan ini di ikuti 20 pejabat eselon III dan eselon IV Dinas Dikpora, 36 peserta dari Perwakilan UPTD Dikpora Se-Kabupaten Bima dan 134 kepala SMP, SMA dan SMK sehingga jumlahnya mencapai 190 peserta”. Jelasnya.(M.01/H.01)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.