Header Ads

HUT TNI Ke-71, Kodim 1614 Dompu Gelar Silaturahmi Dengan Ulama

Dompu, Samadapos.com - Komando Distrik Militer (Kodim) 1614 Dompu, Selasa (20/9/2016) menggelar kegiatan silaturahmi dengan para tokoh dan ulama islam yang ada di Kabupaten Dompu. Hal itu dilakukan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) TNI yang ke71 Tahun.

Silaturahmi yang dipimpin langsung oleh Dandim 1614 Dompu,  Letkol Czi Asep Rahmat Sukmana  SIP, berlangsung ramai di Masjid Miftahul Jannah yang berlokasi di Jalan lintas Sumbawa - Bima, Desa O'o, Kecamatan Dompu, Kabupaten Dompu. Dalam kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh pihak - pihak terkait.

Diantaranya,  Amir JAS Wilayah Dompu, Ustadz Muh Taqiyuddin  S.Pdi, Ustadz Abdul Haris. Ustadz Muh Syarifudin. Kesbangpoldagri, H Chairunnisa. Camat Dompu ( Plt Kades O'o ), Nazarudin. Ketua MUI DR HC Abdullah Arsyad. Ketua LDII, Syamsudin SE, Waka Polres Dompu Kompol Etek, Toga , Tomas , Toda dan Towan. Siswa dan siswi SMK Islam terpadu. Amir KM Ustadz Hidayat. Kakandepag di mewakili oleh Alimuddin S.ag dan siswa dan siswi SD, SMP dan SMA yang ada di sekitar Deaa O,o Dompu.

Kegiatan yang bertajuk silaturami ini juga dirangkaikan dengan kegiatan Bintal fungsi Komando yg juga dirangkaikan dengan karya Bhakti TNI dan Masyarakat.

Dandim 1614 Dompu, Letkol Czi Asep Rahmat Sukmana  SIP, melalui sambutanya dalam acara tersebut, menyampaikan, momentum silaturahmi ini merupakan suatu kehormatan bagi pihaknya"Silaturahmi bisa menambah umur,  rejeki dan persaudaraan," ujarnya.

Menurut Dandim, Tokoh agama yg dahulu berupaya dengan susah payah merebut Kemerdekaan.Agama Islam membawa berkah dan rahmat bagi kita semua. Bahkan dalam Undang - Undang Dasar (UUD) 45 juga mengadopsi kepada Al - Qur'an."Kemerdekaan kita adalah berkat rahmat Allah," katanya.

Damdim menambahkan, dengan do'a para sesepuh, tokoh agama dan pihak lainya, bisa dijadikan semangat mengambil peran untuk bersatu padu menjaga kedaulatan Negara."Melalui momentum silaturahmi ini, Kami mengajak semua elemen masyarakat bersama - sama menjaga keamanan," ajaknya.

Diakhir penyampaianya, Damdim berharap kepada Toga, Tomas untuk bisa mewujudkan dan mengayomi, guna menciptakan rahmatan illahi. Pedoman ajaran Nabi Muhamad bisa dikembangkan sebagai ilmu pengetahuan yg bermanfaat untuk pengabdian kita kepada masyarakat, bangsa dan negara."Jangan selalu mempermasalahkan perbedaan. Mari kita tingkatkan dan tanamkan nilai--nilai keagamaan. Hilangkan citra negatif dan mari sambung tali silaturahmi antara satu sama lain," harapnya sembari menutup penyampaianya.

Disela waktu, Amir JAS Wilayah Dompu, Ustadz Muhammad Taqiyuddin  S.Pdi, melalui sambutanya juga dalam acara tersebut, mengatakan, bahwa pihaknya merasa bersyukur bisa bersilaturahmi. Sebab kata dia, melalui silaturami bisa mempererat hubungan baik."Kita harus menjadi pemimpin yang baik dan bijak sana. Dan ajaran Nabi Muhammad bisa kita jadikan dasar untuk para pemimpin," katanya.

Muhammad Taqiyuddin menyebutkan, bahwa selama ini Desa O'o selalu di identikan dengan segala macam persoalan. Padahal kenyataannya, kata dia, Desa O'o adalah desa yang aman."Untuk.menjaga keamanan adalah tanggung jawab kita bersama," tuturnya.

Diakui Muhammad Taqiyuddin, pihaknya mengapreasisasi usaha dan kerja kerasa Karang Taruna yang selama ini mengadakan kegiatan yg positif, guna menjunjung tinggi Ukhuwah Islamiyah.

"Kami tidak sepakat dengan adanya kata - kata zona merah untuk daerah (Dompu dan.Bima, Red). Kita bagian dari warga dan sudah mulai membangun ekonomi serta meningkatkan nilai - nilai agama islam. Negara memiliki tantangan yg berat yaitu ada upaya sistimatis dari (PKI, Red) yg sudah terang--terangan memakai atribut dan menodai serta melecehkan Agama. Saya mengajak kepada kita semua untuk tetap menciptakan masyarakat yg kondusif dan adat yg baik," tandasnya.

Pantuan langsung wartawan ini melaporkan, acara silaturahmi tersebut juga dirangkaikan dengan pemberian bingkisan berupa Al-Qur'an kepada Ponpes UBA Desa Manggeasi, Kecamatan Dompu dan Ponpes Al Kautsar Desa Ranggo, Kecamatan Pajo, yang saat itu diserahkan secara simbolis oleh Dandim 1614 Dompu, Letkol Czi Asep Rahmat Sukmana  SIP.


Setelah itu, dilanjutkan dengan kegiatan karya bhakti yang berlangsung di musholah Al-- Mubarok, Dusun Kala Barat, Desa O'o (pemplesteran tembok bangunan musolah) dan kegiatan pembersihan sampah di sekitar TPU Desa O'o Dompu.(SP.05)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.