Header Ads

Pemilihan Duta Wisata Kota Bima Tahun 2016



Bima, MediaNTB.com - Ajang pemilihan Duta Wisata Kota Bima Tahun 2016 telah selesai digelar. Malam grand final berlangsung di Paruga Nae Kota Bima pada Rabu malam, 26 Oktober 2016. Hadir pada acara tersebut, Ketua Dekranasda Kota Bima Hj. Yani Marlina M. Qurais, Sekretaris Daerah Kota Bima Ir. Muhamad Rum, para tokoh budaya, pimpinan SKPD Lingkup Pemerintah Kota Bima serta para guru dan orangtua pemuda dan pemudi finalis Duta Wisata.

Acara ini merupakan program Dinas Kebudayaan dan Pariwisata bekerjasama dengan Dekranasda Kota Bima. Banyak pihak yang mendukung penyelenggaraan kegiatan pemilihan duta wisata Kota Bima antara lain Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bima, Hotel Marina, Pink Studio, BRI Syariah, BNI Syariah, PT. Pos Indonesia, PT. Pelni dan Bank NTB Cabang Bima.

Sepuluh pasang finalis dinilai oleh tiga orang juri yaitu Drs. H. Gufran H. Abubakar yang mewakili unsur budayawan; Dra. Hj. Sri Ratnawati, MH, mewakili unsur tokoh perempuan; dan Wendy Maynormansyah, SE, mewakili unsur tokoh pemuda.

Para finalis menjawab sejumlah pertanyaan yang diajukan oleh dewan juri, antara lain mengenai makna falsafah “Maja Labo Dahu” dan upaya pemuda menghindari bahaya penyalahgunaan narkoba.

Berdasarkan hasil penilaian dewan juri, berikut para peraih juara ajang Duta Wisata Kota Bima Tahun 2016:
- Juara I diraih oleh Andi Radha Zakiyatun Wardhani (putri) dan M. Zainal Ikhlas (putra) dari SMA 1 Kota Bima
- Juara II diraih oleh Chantika Putri Febriyanti (putri) dan Abi Laskar (putra) dari SMA 1 Kota Bima
- Juara III diraih oleh Tri Mila Wulandari (putri) dan Dhymas Pramana Wicaksono (putra) dari SMA 1 Kota Bima
- Juara Favorit diraih oleh Widya Ayu Lestari dari STIE Bima
- Finalis Berbakat diraih oleh Maria Gabriela Falensia Watu dari SMA 1 Kota Bima

Sekretaris Daerah yang mewakili Walikota menyampaikan ucapan selamat kepada para peraih juara. “Saya berharap duta wisata dapat membantu melaksanakan promosi daerah. Minimal menumbuhkan kesadaran pada kalangan rekan-rekan sebaya atau pelajar, untuk benar-benar mengenali potensi dan keindahan alam daerah kita, sehingga tumbuh rasa memiliki dan keinginan untuk menjaga”, katanya.

Saat ini Kota Bima memang sedang giat mengembangkan kepariwisataan. Pengembangan bidang pariwisata ini harus sejalan dengan pelestarian nilai-nilai budaya. “Prinsip inilah yang menjadi acuan kita dalam melaksanakan kegiatan pemilihan duta wisata, yaitu untuk mencetak generasi muda yang bisa mempromosikan wisata daerah dan sekaligus paham nilai-nilai kearifan lokal”, kata Sekda.

Para juara mendapatkan hadiah berupa uang pembinaan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dan sponsor. Juara satu putra dan putri masing-masing mendapat Rp. 2.500.000,-; juara dua putra dan putri masing-masing mendapat Rp. 2.000.000,-; juara tiga putra dan putri masing-masing mendapat Rp. 2.000.000,-. Juara Favorit dan Finalis Berbakat mendapatkan uang pembinaan masing-masing senilai Rp. 1.000.000,-.

Sekretaris Daerah kemudian memberikan tambahan hadiah kepada juara satu putra dan putri masing-masing senilai Rp. 1.000.000.(M.01/H.01)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.