Header Ads

Survei Potensi Laut Teluk Saleh, Turis Asal Jepang Sambangi Pasar Dompu

Dompu, Samadapos.com - Sebanyak lima orang turis yang tergabung dalam lembaga ALL Live Line Net Tokyo Jepang Senin (19/9/2016) menyambangi (mendatangi) lokasi pasar Dompu. Hal tersebut dilakukan mereka dalam rangka untuk melakukan survei terhadap kualitas dan potensi hasil boita laut teluk saleh di wilayah dompu yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Dompu.

Pantauan langsung wartawan ini melaporkan, para turis dari Negara tokyo jepang ini, berjalan keliling sambil mendatangi para pedagang yang ada di lokasi pasar tersebut. Adapun hasil biota laut yang disuvei oleh mereka yaitu berupa ikan yang dijual oleh para pedagang.

Satu persatu, mereka mendatangi para pedagang sambil melihat kualitas dan potensi ikan yang dijual atau yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Dompu."Mereka ini datang untuk melakukan survei terhadap kualitas (mutu, Red) ikan hasil tangkapan nelayan dompu di laut teluk saleh dompu ini," Jelas juru bicara lembaga ALL Live Line Net Tokyo Jepang, Safi'i, warga Kabupaten dompu.

Safi'i menyebutkan, survei yang dilakukan ini adalah langkah awal bagi lembaga ALL Live Line Net Tokyo Jepang , dalam mengembangkan program di wilayah Dompu. Sehingga kata dia, apabila survei ini sudah dilakukan, maka mereka akan memulai mengaplikasikan program yang mereka canankan."Inilah alasan kenapa mereka melakukan survei untuk mencari tahu jenis jenis ikan apa saja yang dihasilkan oleh laut teluk saleh yang ada di wilayah Dompu. Untuk diketahui bahwa hasil laut teluk saleh banyak di incar (disukai, Red) oleh Investor dari negara luar. Hal itu karena potensi hasil teluk saleh banyak memiliki potensi," terangnya

Safi'i menambahkan, Hasil laut teluk saleh di wilayah Dompu, tidak hanya mengasilkan biota seperti ikan. Akan tetapi juga, menghasilkan biota lain yang sangat bermanfaat untuk kegiatan budidaya, seperti rumput laut dan jenis - jenis ekosistem lainya."Ini hari pertama mereka melakukan survei di dompu. Dan rencananya mereka akan melakukan kegiatannya di dompu selama lima hari dengan mengunjungi pasar dompu dan mendatangi pesisir (laut teluk saleh, Red)," paparnya.


Pelaksanaan kegiatan survei  (program, Red) ini, lanjut Safi'i, tetap  berkordinasi dengan pihak dinas - dinas terkait. Salah satunya, Dinas Kelautan dan Perikanan Dompu."Kami tetap berkodinasi dengan pihak pemerintah daerah dompu dalam melakukan aktivitas seperti ini di wilayah kabupaten dompu," tandasnya.(SP.05)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.