Header Ads

Warga Desa O’o dan Manggeasi Dompu Islah


Ilustrasi
Dompu, MediaNTB.com Setelah beberapa pekan kemarin terlibat insiden konflik antara sejumlah kelompok pemuda Desa O’o dan Manggeasi Kecamatan Dompu, Kabupaten Dompu. Akhirnya, Kamis (13/10/2016) antara kelompok pemuda Desa O’o dan Mangge Asi sepakat untuk islah (berdamai).

Acara perdamaian dan silaturahmi tersebut berlangsung di depan kantor Desa manggeasi Dompu tersebut, di hadiri langsung oleh Lembaga Adat Donggo (Lamdo) dalam hal ini ketua Lamdo, Drs Nasarullah berserta para pengurusnya. Tidak hanya itu, hadir pula dalam momentum tersebut yaitu, Kasat Binmas Polres Dompu IPTU Sabri Gafur SH, Kapolsek Dompu Ipda Rusdi SH, Danramil kecamatan Dompu, Camat Dompu, Bhabinkamtibmas dan Babinsa Kedua Desa, Kades Desa O’o dan Manggeasi, Tokoh masyarakat, Tokoh Agama dan Para pemuda dari Desa O'o maupun pemuda dusun Rasanggaro Desa Manggeasi.

Acara tersebut dibuka langsung oleh ketua Lamdo Drs Nasarullah, yang saat itu menyatakan bahwa tujuan dari pertemuan ini adalah sebagai ajang silaturahmi dan wadah untuk menyelesaikan masalah antara para pemuda Desa O'o dan Desa Manggeasi. Setelah penyampaian itupun, dilanjutkan dengan pembacaan isi piagam perdamaian oleh perwakilan kedua desa yaitu (Munawir SE dan Muhamad jufrin Spd).

Adapun bunyi isi piagam perdamaian tersebut antara lain, Kami pemuda kedua desa, setia dan taat kepada pancasila dan uud 1945. Kami menolak terorisme dan paham radikal. Tidak akan konsumsi miras dan narkoba arta anti prostitusi. Anti human trafficking, KDRT dan kekerasan terhadap anak. Anti Blokir Jalan. Tidak akan membuat masalah antara 2 Desa. Siap melakukan kegiatan sosial untuk memupuk kebersamaan.

Siap mendukung program pemerintah dan upaya penegakkan hukum. Demikian pernyataan di buat oleh pemuda kedua desa. Kemudian, piagam perdamaian tersebut langsung disahkan oleh kedua kades dan para pemuda di dua desa setempat.

Camat Dompu Drs Nasarudin, melalaui penyampaianya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah menyelenggarakan kegiatan positif ini.”Mari kita tetap utamakan kebersamaan dan jangan ada lagi pertikaian antar sesame,” ajaknya.

Danramil kota Dompu Kapten Inf M Syafii, melalui kesempata itu juga mengajak agar sebagai umat muslim untuk tidak melakukan tindakan - tindakan yang diluar ajaran agama kita.” Mari bersama – sama untuk tetap menjaga ketentaraman serta stabilita daerah bumi nggahi rawi pahu ini,” ujarnya.

Sementara itu, staf ahli Bupati Dompu H. Moh Syaiun SH, yang saat itu hadir mewakili Bupati Dompu, Drs H Bambang M Yasin, jugamengajak masyarakat untuk  menghindari perbuatan yg dapat menimbulkan perpecahan antara sesama.”Mari kita bersatu untuk tetap menjaga dan membangun daerah ini,” ajaknya.(M.05)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.