Header Ads

KODIM 1614 Dompu Gelar Acara Pisah Sambut



Dompu, MediaNTB.com – Jajaran Komando Distrik Militer (Kodim) 1614 Dompu, Jumat malam (26/11/2016) menggelar acara Lepas Sambut di halaman Markas Kodim setempat. Acara tersebut di gelar dalam rangka Pelepasan dan Penyambutan antara Komandan Distrik Militer (Dandim) 1614 Dompu Letkol CZI Asep Rahmat Sukmana S.IP (Dandim 1614 Dompu yang lama) dengan Komandan Kodim 1614 Dompu, Letkol CZI Arief Hadiayanto S.IP (Dandim 1614 Dompu yang baru).

Acara yang berlangsung meriah di halaman Markas Kodim 1614 Dompu tersebut, dihadiri oleh sejumlah pejabat – pejabat penting antara lain, Bupati Dompu, Drs. H Bambang M Yasin, Sekda Dompu, H Agus Buchari SH. M.Si, beserta jajarannya di bawah dalam hal ini sejumlah SKPD lingkup pemerintahan Kabupaten Dompu.

Tidak hanya itu, dalam acara tersebut nampak juga hadir, Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) RI Dr. Anwar Usman SH MH, Dandim 1608 Bima, Kapolres Dompu, AKBP Jhon Wesly Arinato S.IK, Wakil Ketua Pengadilan Negeri (PN) Dompu, Kasi Pidana Khusus (Pidsus) Kejaksaan Negeri Dompu, Deddi Diliyanto SH, Kepala Lapas Dompu, Danki Brimob Dompu, Kasat Pol PP Dompu, Direktur Bank BRI, BNI, NTB cabang Dompu dan sejumlah udangan lainya dalam hal ini FKPD Dompu, tokoh agama, pemuda dan tokoh masyarakat Dompu.

Komandan Distrik Militer (Dandim) 1614 Dompu, Letkol CZI Asep Rahmat Sukmana S.IP (Dandim 1614 Dompu yang lama), melalui sambutanya dalam acara tersebut mengatakan, tak terasa sudah Satu Tahun lebih dirinya bertugas di wilayah Kabupaten Dompu menjadi Dandim 1614 Dompu.”Selama saya bertugas di dompu tak lepas dari adanya dukungan semua orang yang berada di dompu ini,” ujarnya.

Diakui Dandim, selama berada di dompu dirinya bersama keluarga merasa sudah menjadi orang dompu. Sebab, kata dia, dompu sudah seperti tanah kelahiranya.”Bagi saya bersama keluarga, dompu adalah daerah yang sangat bagus. Selain daerahnya maju, juga masyatakatnya sangat ramah,” katanya.

Tidak hanya itu, lanjut Dandim, sebenarnya dirinya bersama keluarga sangat berat meninggalkan Dompu karena semua orang di dompu sudah seperti keluarga. Tapi apa mau dikata, tugas sebagai Abdi Negara tentu harus diterima walaupun dirinya harus ditempatkan di daerah – daerah manapun.”Saya sudah mengangga seluuruh jajaran Kodim 1614 Dompu dan semua orang dompu seperti keluarga saya sendiri. Dasar itulah saya bersama keluarga sebenarnya berat meninggalkan dompu, tapi karena tugas sayapun harus menerimanya,” tuturnya.

Dompu ini, tambah Dandim, adalah daerah yang sangat maju. Kemajuan itu dibuktikan dari berbagai bidang dan program yang telah dicanankan oleh Pemerintah Daerah, dalam hal ini Bupati Dompu, Drs. H Bambang M Yasin.”Saya akui kemajuan dompu ini sangat luar biasa. Selama saya bertugas di dompu jajaran kami terus mengambil peran untuk membantu pemerintah, baik itu dalam bidang pertanian maupun dibidang dan program – program lainya. Artinya kami selama ini terus mendukung apa yang menjadi program pemerintah dompu,” jelasnya.

Kemajuan – kemajuan daerah dompu, sambung Dandim, salah satunya adalah jagung. Dimana sampai saat ini, dompu terkenal dengan hasil tanaman jagungnya. Jadi, kata dia, pantas apabila daerah dompu mendapat predikat dari Nasional sebagai penghasil jagung terbanyak setiap tahunya.”Ada banyak pretasi yang diukir oleh pemerintah dompu sehingga membuat ekonomi masyarakat dompu menjadi meningkat. Bahkan kemarin saya mendengar bahwa Bupati Dompu (Drs. H Bambang M Yasin, Red) mendapatkan penghargaan Indonesian Ministers Award Of Excellence Tahun 2016. Penghargaan tersebut merupakan kebanggan bagi masyarakat dompu dan kami juga di jajaran Kodim 1614 Dompu. Karena nama Daerah Dompu jadi terkenal sampai di tingkat nasional akan kemajuanya dan kamipun di Kodim 1614 Dompu juga merasa jadi ikut terkenal,” ucapnya sembari tersenyum bahagia.

Komandan Distrik Militer (Dandim) 1614 Dompu, Letkol CZI Arief Hadiayanto S.IP (Dandim 1614 Dompu yang baru), melalui sambutanya juga mengaku, bahwa setelah dirinya dinyatakan (ditugaskan) untuk menjadi Dandim 1614 Dompu, dirinya tidak mengetahui dimana lokasi daerah Dompu. Dasar itupun, kata dia, karena tidak mengetahui dimana lokasi Dompu, maka itu dirinya langsung melihat lokasi dompu melalui peta.”Sebelumnya saya bersama keluarga belum mengetahui dimana itu dompu dan seperti apa dompu. Tapi setelah sampai disini ternyata daerah dompu adalah daerah yang sangat indah dan maju, terutama kemajuan dari segi bidang pertanianya,” akunya sembari tersenyum.

Terlepas dari hal itu, Lanjut Dandim, dirinya berharap kepada Pemerintah Daerah Dompu beserta masyarakat Dompu agar bisa memberikan dukungan dan kerjasama selama dirinya bertugas di Dompu.”Tanpa ada dukungan dari pemerintah dan masyarakat dompu, saya tak mungkin bisa menjalankan tugas dengan baik di daerah dompu ini. Maka itu saya berharap adanya dukungan dan kerjasama selama saya menjadi Dandim 1614 Dompu,” harapnya.

Disela waktu, Bupati Dompu, Drs. H Bambang M Yasin, dalam sambutanya, mengucapkan  terimakasih kepada Dandim 1614 Dompu, Letkol CZI Asep Rahmat Sukmana S.IP (Dandim 1614 Dompu yang lama) yang telah banyak membantu pemerintah daerah Dompu selama bertugas di dompu.”Selamat datang juga kepada Dandim 1614 Dompu, Letkol CZI Arief Hadiayanto S.IP (Dandim 1614 Dompu yang baru), semoga kita tetap bisa bekerjasama dalam menguskseskan semua program yang ada dan tetap bersama – sama dalam menjaga keamanan, kenyamanan dan stabilitas di daerah ini,” ujarnya.

Diakui Bupati, dirinya dulu memang pernah mendegar nama Dandim 1614 Dompu yang baru ini (Letkol CZI Arief Hadiayanto S.IP, Red). Tapi, kata dia, dirinya tidak menyangka kalau hari ini bisa duduk satu meja dengan dandim yang baru tersebut.”Saya meyakini bahwa dunia ini sempit (selebar dau kelor, Red). Kalau ada pertemuan sepertinya adalah bagian dari pengulangan dari pertemuan – pertemuan sebelumnya. Hal itu terbukti, pak arief yang saya dengar namanya pada saat saya berada di Kalimantan, saya hanya sepintas saja mendengar namanya. Tapi sekarang ternyata pak arief menjadi Dandim 1614 Dompu,” tuturnya

Diceritakan Bupati, pada saat dirinya berada di kalimatan pada Tahun 2000, tepatnya sebelum dirinya menjadi Bupati Dompu, wilayah kalimatan adalah wilayah operasi dirinya sebagai pengusaha.”Yang sangat terkesan di wilayah Kalimantan tengah itu, dulu pada saat terjadi kerusuhan sampit. Saat itu memang adalah kejadian yang luar biasa. Namun yang perlu saya sampaikan bahwa kalau kita berada atau hidup dimanapun, apabila perbedaan yang kita tonjolkan dan munculkan, maka itu akan menciptakan bencana kemanusiaan. Maka itu mari kita berdoa kalau memang terjadi demo pada tanggal 2 Desember nanti di Jakarta, mudah – mudahan tidak akan terjadi sesuatu yang akan meninggalkan sejarah kelam tentang bangsa dan Negara ini,” katanya.

Terlepas dari hal itu, Bupati menyebutkan, bahwa pada Tanggal 30 November nanti, Pemda dompu merencanakan kegiatan Nusantara Bersatu. Kemarin, kata dia, pemda dompu sudah menggelar kegiatan upacara ke bhinekaan.”Saya minta semua yang hadir dalam acara ini juga bisa hadir pada tanggal tersebut, tepatnya jam 07.00 wita. Insah Allah semua orang kita undang dan bagi siapa yang mau berorasi atau melampiaskan isi hatinya tentang pentingnya kebersamaan dari keragaman nusantara ini, nanti pada tanggal itu kami siapkan panggung khusus untuk orang yang mengungkapkan pentingnya kebersamaan dan persatuan. Mudah – mudahan pada tanggal itu, ilmu saya tentang memindahkan hujan masih bisa bereaksi dan saya akan mengundang hujan yang gerimis saja supaya situasinya tidak terlalu panas,” terangnya sembari tersenyum.

Diakui Bupati, kemarin dirinya mendapat telepon dari Menteri Perdangan RI. Dalam kesempatan itu, kata dia, beliu (Menteri perdagangan RI, Red) menawarkan kepada Bupati Dompu apa mau dibangunin pasar di daerahnya.”Dengan penuh rasa syukur dan bahagia sayapun langsung menerima tawaran itu. Tapi sebelumnya disuruh untuk membuat proposal dan membawa langsung proposal itu kesana. Rencananya kami akan membuat proposal permintaan pengembangan pasar manggelewa dan Hu’u Dompu,” akunnya sembari memerintahkan Kepala Dinas Koperindag Tamben Dompu untuk segera menyiapkan proposal tersebut.

Dalam momentum itu juga, Bupati mengaku,  sesuai dengan impian dan harapanya dari dulu, ingin tetap dan terus berbuat sesuatu yang bermanfaat untuk orang banyak, meskipun kadang – kadang – kadang dirinya harus mengelua dada, menangis dan berjalan sendiri kemana – mana.

”Insah allah, niat saya yaitu demi kebaikan orang banyak. Dan saya meyakini bahwa suatu saat atau kapanpun kita akan bisa menikmati hasil dari perjuangan kita. Maka itu kita patut berterimakasih juga kepada Dandim 1614 Dompu yang lama (Letkol CZI, Asep Rahmat Sukmana S.IP) atas dukungan dan kerjasamanya selama ini. Saya berdoa, semoga pak asep mendapatkan promosi – promosi dan kami tetap akan merindukan alumni – alumni (mantan – mantan dandim dompu) serta berdoa semoga akan bisa meraih bintang di pundaknya.Sekali lagi saya katakana, Saya atas nama Pemerintah dan masyarakat dompu menyampaikan penghargaan dan rasa terimakasih kepada pak asep atas kerjasamanya selama ini,” ucapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua MK RI, Dr. Anwar Usman SH MH, melalui sambutanya juga dalam acara tersebut mengaku, pada kesempatkan ini dirinya harusnya berada di Jakarta untuk agenda kegiatan penting. Tapi, kata dia, mengingat dirinya mendapat undangan dari Dandim 1614 Dompu yang lama (Letkol CZI Asep Rahmat Sukamana) untuk menghadiri acara pisah sambut ini, akhirnya memutuskan untuk menghadiri acara pisah sambut tersebut.”Saya lebih memilih untuk hadir dalam acara pisah sambut ini. Hal ini saya lakukan semata – mata dengan penghargaan untuk Dandim 1614 Dompu yang lama dan yang baru termasuk untuk masyarakat Dompu,” ujarnya.

Wakil ketua MK menyebutkan, nama daerah dompu dan kemajuanya sudah terkenal sampai ditingkat Nasional. Bahkan menteri dan pejabat di pusat banyak membahas tentang kemajuan dan prestasi dompu, terutama dalam bidang pertanian seperti jagung dan gula. Begitu juga dengan bidang – bidang lainya.”Ini bentuk nikmat yang diberikan oleh Allah SWT kepada daerah dan masyarakat Dompu dan kita harus mensyukurinya” tandasnya.(Sahrul)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.