Header Ads

Masyarakat Dompu Gelar Aksi Unjukrasa Damai



Dompu, MediaNTB.com - Ratusan masyarakat Kabupaten Dompu yang tergabung dalam Gerakan Solidaritas Dompu Bersatu untuk Indonesia Damai, Kamis (17/11/2016), menggelar aksi demo secara damai di depan kantor Dewan Pimpinan Rakyat Daerah (DPRD) dan Pemerintah Daerah (Pemda) Dompu. Aksi tersebut digelar dalam rangka menyuarakan semangat untuk tetap menjaga persatuan, kesatuan serta toleransi dan kerukunan antar umat beragama di wilayah Bumi Nggahi Rawi Pahu.

Pantuan langsung wartawan ini melaporkan, sebelum melakukan aksi demo secara damai, massa terlihat berkumpul dan star di depan Dealer Yamaha Drim Kelurahan Kandai II, Kecamatan Woja, Kabupaten Dompu.Kemudian, massa bergerak menuju Simpang empat Koramil 01-1614 Dompu menuju Kantor DPRD Dompu dengan membawa spanduk dan memakai sound system sebagai alat pengeras suara. Setelah itu, aksi demo pun ber-akhir di Kantor Pemerintah Daerah Dompu.

Koordinator Lapangan (Korlap), Iwan Sakral dan Chika Xyidia, melalui aksi damai tersebut, mereka mengajak masyarakat Dompu untuk bergabung bersama kami dalam melakukan gerakan bersama untuk pesan damai kepada seluruh anak bangsa, pesan damai ini kami suarakan dari Dompu untuk seluruh anak Bangsa Republik Indonesia.

Mendorong penyelesaian secepatnya kasus - kasus hukum yang memberikan dampak luas bagi terganggunya stabilitas keamanan dan disharmonisasi antara umat di Indonesia, seperti kasus Ahok. Menuntut kepada pemerintah pusat untuk peka, tanggap dan segera mengambil langkah - langkah tegas untuk menyelesaikan kasus dalam kasus hukum yang menjadi isu-isu controversial ditengah masyarakat.

Mendukung sepenuhnya aparat kepolisian untuk mengambil langkah tegas dalam dalam penyelesaian setiap kasus hukum, terutama kasus yang menyita perhatian public tanpa ada intervensi apapun juga bentuknya.Meminta kepada Bupati Dompu untuk terlibat secara aktif dalam sosialisasi dan kampanye kampanye positif tentang pentingnya menjaga, membina dan mempertahankan perdamaian demi terciptanya rasa aman, tentram dan nyaman dalam masyarakat.

"Masyarakat dompu adalah masyarakat dengan tingkat toleransi sangat tinggi, karena itu kami menuntut tatanan yang sudah terbina dengan baik ini jangan sampai ternoda oleh lambannya pemerintah dalam mengambil kebijakan pro keadilan. Kami atas nama seluruh masyarakat Dompu yang cinta dan ingin kedamaian itu abadi di tanah Dompu menyatakan siap mendukung sepenuhnya upaya nyata dalam mewujudkan perdamaian dengan menghormati perbedaan suku, agama dan ras maupun golongan dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika," tuturnya.

Bupati Dompu, Drs H. Bambang M Yasin, Kapolres Dompu Jon Wesly Arianto SIK, Kasdim1614 Dompu Mayor Infantri Yudi Wahyudi."Mari kita menyerahkan sepenuhnya kasus AHOK kepada pihak Kepolisan, sebab negara ini adalah negara hukum," ajak Bambang pada saat menerima kehadiran massa aksi.

Dilokasi yang sama, Kapolres Dompu  Jon Wesly Arianto SIK, pada kesempatan itu mengaku mengapresiasi aksi yang dilakukan oleh kelompok Solidaritas Dompu Bersatu Untuk Indonesia Damai dan tetap menjaga stabilitas keamanan.

Hal yang sama pun disampaikan Kasdim 1614 Dompu. Dimana  dalam kesempatan itu, dia  juga mengajak masyarakat dompu agar menyerahkan sepenuhnya kasus AHOK kepada pihak Kepolisian."Mari kita serahkan penanganan kasus Ahok pada proses hukum yang berlaku di Negara kita ini," pintanya.(Sahrul)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.