Header Ads

Pemda Dompu Gelar Apel Besar Kebhinekaan Cinta Damai



Dompu, MediaNTB.com - Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Dompu, Kamis (17/11/2016) menggelar kegiatan Apel Besar Kebhinekaan Cinta Damai. Kegiatan ini digelar dengan tema dalam rangka melalui hikmah hari pahlawan ke 71 kita tingkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat guna mewujudkan persatuan dan kesatuan NKRI yang kokoh.

Pantauan langsung wartawan ini melaporkan, Apel Besar Kebhinekaan Cinta Damai yang berlangsung di lapangan beringin pemda dompu tersebut dihadiri oleh peserta upacara lebih kurang 350 orang terdiri dari beberapa pleton, Satu Pleton TNI, Polri, Sat Pol PP, Senkom, 150 orang PNS, Satu Pleton Pelajar, Korsik dan Satu Pleton Babinkabtibamas

Tidak hanya itu, hadir pula dalam kegiatan Apel tersebut antara lain,  Bupati Dompu Drs H Bambang M Yasin, Ketua DPRD Dompu Yuliadin, S.Sos, Kapolres Dompu AKBP Jon Wesly Arianto S.I.K, Kasdim 1614 Dompu Mayor Infantri Yudi Wahyudi, Ketua Pengadilan Negeri (PN) Dompu, sejumlah Pejabat SKPD Dompu dan Pejabat lingkup pemda Dompu, Tokoh Adat, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Dompu.

Kemudian yang bertindak sebagai pelaksana apel Kebhinekaan dan Cinta Damai antara lain, Perwira Apel Kepala Bagina Operasional (Kabag Ops) Polres Dompu Kompol Muh A Yanis S.I.K, Apel Kapolsek Manggelewa IPDA Abdul Haris
, Pimpinan Apel Bupati Dompu Drs H Bambang M Yasin.

Masih dalam pantuan wartawan ini, pada Pukul 07.48 wita Komandan Apel memasuki lapangan upacara.Pukul 07.51 wita Pimpinan Apel menuju mimbar Apel. Pukul 07.52 wita penghormatan kepada Pimpinan Apel.Pukul 07.53 wita Laporan Dan Apel kepada Pimpinan Apel. Kemudian memasuki Pukul 07.54 wita, dilangsungkan penandatangan Deklarasi Cinta Damai yang diwakili oleh beberapa organisasi masyarakat (ormas) dan tokoh agama (toga) antara lain, Ketua Forum Deketsi Dini Masyarakat Drs yusuf hasan. Ketua Forum Umat Deteksi Masyarakat.Ketua MUI Dompu. Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama. Ketua Firum Cegah Dini.Ketua Forum Gereja Dompu. Ketua Umat Hindu.Ketua Islam Tiongkhoa Dompu H Ikhtiar. Ketua Dewan Lembaga Adat Dompu. Ketua Forum Kebangsaan.
Ketua Karang Taruna Dompu. Ketua KNPI Dompu.Ketua DPRD Dompu.Kapolres Dompu. Kasdim 1614 Dompu. Ketua Pengadilan Negeri Dompu dan Sekda Dompu.

Adapun isi dari deklarasi tersebut antara lain, SANGGUP MENJAGA DAN MEMELIHARA KEUTUHAN NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA. SANGGUP MENJAGA KEBHINEKAAN DALAM KEHIDUPAN BERBANGSA DAN BERNEGARA.TIDAK AKAN MUDAH TERPROVOKASI OLEH ISU ISU YANG INGIN MEMECAHBELAH PERSATUAN DAN KESATUAN.SANGGUP MENJAGA DAN MEMELIHARA KEAMANAN DAN KETERTIBAN DALAM MASYARAKAT DI KABUPATEN DOMPU DAN SENANTIASA MENJAGA TOLERANSI DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI.

Pemimpin Apel Besar Kebhinekaan Cinta Damai yang juga Bupati Dompu Drs. H Bambang M Yasin, melalui pernyampaianya dalam kegiatan tersebut mengatakan, bahwa Negara ini berdiri dan dirikan atas dasar kebersamaan, kesaudaraan dengan itu bangsa yang bersatu dan berdaulat. Apel ini mengingatkan kita akan kesaudaraan kita, kebersamaan kita. Mari kita eratkan kekerabatan, hubungan komunikasi antara negara, antara keluarga, antar teman dan saudara. Dengan adanya tekhnologi kita sekarang sudah mengabaikan keluarga, Kerabat.

Tidak hanya itu, Bupati Dompu juga menegaskan, bahwa tidak semua informasi di media sosial itu benar informasinya. Jangan diser dan dilanjutkan informasi di media bila informasi itu tidak benar yang tidak sesuai dengan fakta. Yang sangat bermanfaat di media adalah kata kata bijak, Kutipan bernuansa islam atau nuansa agama. Masyarakat Dompu tetap bersaudara dan kita tetap satu, Kita boleh beda suku, Beda agama atau beda ras kalau kita tinggal di Dompu maka kita adalah satu. Aparat pemerintah Anda lah yang menjadi tulang punggung masyarakat, Jangan menjadi provokator dan jangan membuat kegaduhan, Jadi lah sebagai memberikan pencerahan yang baik dan memberikan pemahaman terhadap informasi yang benar kepada masyarakat.

"Saya sekarang sudah dipercaya untuk menjadi Juru bicara Kementerian Koordinasi dan  Informasi RI. Dompu berkembang dengan jagung, rabu dan peternakan. Hari ini kita telah berdeklarasi cinta damai yang intinya Menjaga ketertibaan umum," tutur Bupati Dompu sambari mengahiri sambutannya Yel Kabupaten Dompu yang diikuti oleh seluruh yang hadir Apel  dengan menyebut dan menyuarakan Dompu Nggahi Rawi Pahu (Katakan dan Lakukan, Lakukan apa yang di Katakan).

Setelah itu, memasuki pukul 08.23 wita Laporan Dan Apel. Pukul 08.24 wita penghormatan kepada Pimpinan Apel. Pukul 08.25 wita pembacaan Doa yang dibacakan oleh pegawai Kantor Departemen Agama Kabupaten Dompu. Pukul 08.29 wita pimpinan Apel meninggalkan mimbar menuju tenda tamu. Pukul 08.30 wita laporan perwira apel kepada Pimpinan apel. Kemudian pada  Pukul 08.35 wita seluruh peserta membubuhkan tanda tangan diatas kain putih sebagai tanda cinta damai dan memasuki pukul 08.45 wita seluruh rangkaian kegiatan apel Kebhinekaan Besar Cinta Damai selesai berlangsung sukses dan lancar.(ADVERTORIAL)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.