Rombongan Mitratel Berkunjung ke Kantor Walikota Bima



Kota Bima, MediaNTB.com - Selasa, 01 November 2016, tim Mitratel dari PT. Telkomsel Indonesia berkunjung ke kantor Walikota Bima. Rombongan diterima oleh Wakil Walikota Bima H. A. Rahman H. Abidin, SE, didampingi oleh Kepala Dinas Perhubungan dan Kominfo beserta jajarannya.

Kunjungan Mitratel bertujuan untuk menawarkan kerjasama dengan Pemerintah Kota Bima dalam bentuk pelayanan jaringan telekomunikasi yang lebih baik lagi sehingga bisa menunjang program smart city dari Pemerintah Kota Bima.

Pada kesempatan itu Mitratel memperkenalkan produknya yaitu Microcell. Konsep Microcell adalah pemanfaatan tiang PJU sebagai pole untuk berbagai manfaat diantaranya: sebagai pemancar sinyal selular, CCTV, Wifi dan media iklan dengan tetap memperhatikan estetika kota dan kearifan lokal. Semua perangkat yang terpasang di pole dikendalikan secara terpusat pada lokasi terpisah dalam suatu ruangan (indoor) dengan tujuan untuk kemudahan operasional dan efisiensi.

Selain itu, Microcell mengoptimalkan infrastuktur untuk memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat sehingga dapat memberikan kepastian dalam memberikan layanan yang memenuhi: Kenyamaman (dukungan layanan telekomunikasi yang optimal), Keindahan (keberadaan infrastuktur yang sesuai dengan kondisi budaya dan adat setempat), Keamanan (CCTV, lampu penerangan jalan) dan Layanan ICT terintegrasi (Wifi).

Keuntungan Pemerintah Kota Bima jika menggunakan Microcell sebagai berikut: meningkatkan pelayanan kepada publik melalui kualitas seluler yang memadai (4G LTE), mempertahankan keindahan dan estetika kota, meningkatkan potensi sumber pendapatan daerah melalui multiplier effect serta mendorong pertumbuhan sektor IT.

Sedangkan pihak Mitratell akan mendapatkan kepastian hukum perizinan pembangunan pole Microcell di Kota Bima, kepastian dan percepatan waktu implementasi, membantu pemerintah meningkatkan sarana infrastruktur telekomunikasi dan pelayanan kepada masyarakat.

Pada akhir pemaparannya, Microtel menyampaikan usulan kemitraan dengan Pemkot Bima akan bisa berjalan dengan beberapa ketentuan, yaitu: (1) Sistem sewa lahan untuk penempatan infrastruktur Microcell (Pole) di lahan Pemkot Bima; serta (2) Penyediaan Lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) yang ditempatkan pada setiap pole Microcell dengan biaya ditanggung oleh Mitratel. Ketentuan lain akan dibahas sesuai kesepakatan kedua pihak.

Wakil Walikota menyambut baik kerjasama tersebut. “Tentunya harus sesuai dengan aturan yang berlaku”, kata Wakil Walikota.Wakil Walikota menyerahkan kepada dinas terkait untuk membicarakan secara teknis kelanjutan dari kerjasama tersebut.(M.01/H.06)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.