Header Ads

Tuntut Transparansi, LSM KAKI Datangi Kantor BPP Woja



Dompu, MediaNTB.com - Lembaga Swadaya Masyatakat Komite Anti Korupsi Indonesia (LSM - KAKI) Kabupaten Dompu, Selasa (8/11/2016), mendatangi kantor Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Woja Dompu. Kedatangan LSM KAKI ini dalam rangka menuntut transparansi mengenai nama - nama kelompok penerima bantuan bibit jagung Tahun 2016.

Pantuan langsung wartawan ini melaporkan, kedatangan lsm kaki beserta anggotanya ini disambut baik oleh Kepala BPP Kecamatan Woja Dompu. Tidak hanya menyambut, Kepala BPP bersama anggotanya juga langsung menggelar dialog bersama lsm kaki yang berlangsung di ruang rapat kantor setempat.

Ketua LSM KAKI Dompu, Heri Iswanto alias Kis, melalui dialog tersebut menyampaikan beberapa permintaan dan tuntutan antara lain, Meminta kepada pihak BPP Dompu untuk segera menunjukan dan memberikan nama - nama kelompok di Kelurahan Simpasai Dompu."Sampai saat ini keadaan pisikologi antara kelompok di kelurahan simpasai  sedang mengalami ketegangan di lokasi lahan," ungkapnya.

Menurut Kis, selama ini penyaluran bibit jagung oleh pihak pemerintah dalam hal ini dinas pertanian dompu diduga  tidak ada yang transparan dan terkesan tertutup. Bahkan, kata dia, yang mendapatkan bantuan bibit jagung hanya orang - orang tertentu saja."Kalau pihak BPP dan Dinas Pertanian tidak ada keterbukaan mengenai nama - nama kelompok yang mendaptkan bantuan bibit jagung, maka kami akan mengambil langkah - langkah yang kami anggap benar," tegasnya.

Sementara, Kepala BPP Dompu, Syaifudin SP,  di dalam dialog tersebut mengaku, tidak tahu menau mengenai persoalan tersebut,  terutama mengenai nama - nama kelompok penerima bantuan bibit jagung tahun 2016 ini."Kalau mau mengetahui hal itu silakan datangi dan tanyakan langsung ke Dinas Pertanian Dompu dalam hal ini PPK dan PPA," saranya.

Syarifudin menjelaskan, bahwa pihaknya hanya bertugas dalam hal penguatan kapasitas kelompok tani."Kami disini hanya membantu dinas pertanian dompu saja. Intinya semua keputusan akhir ada di dinas pertanian dompu dan kami tidak memiliki kewenangan untuk memberikan keputusan dalam persoalan ini," paparnya semberi menutup pembicaraan.

Usai mendengar penjelasan dari BPP Kecamatan Woja, akhirnya Ketua LSM KAKI Dompu bersama anggota, langsung meninggalkan kantor BPP setempat.(Sahrul)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.