Wakil Bupati Bangga Dengan Kinerja Jajaran Kesehatan Bima





Bima, MediaNTB.com - Di bandingkan dengan SKPD lainnya, berdasarkan hasil inspeksi mendadak dan pemantauan yang terus menerus dilakukan oleh Pimpinan Daerah, kinerja jajaran Dinas Kesehatan patut dibanggakan dengan tingkat kehadiran lebih dari 90 persen. Namun hal ini harus tetap dapat ditingkatkan dan dipertahankan.

Demikian ungkap Wakil Bupati Bima Dahlan M. Noer yang didampingi Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda H.M. Qurban, SH saat memberikan sambutan pada Puncak Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-52 Tingkat Kabupaten Bima yang dipusatkan di halaman kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Bima Kamis (24/11). Dalam amanatnya Wabup mengharapkan agar keberhasilan sejumlah PKM seperti Puskesmas Lambitu dalam meraih prestasi di tingkat kabupaten, propinsi dan juara III di tingkat nasional dapat menjadi pijakan utama unit kerja tersebut dan jajaran Dinas Kesehatan.

Pada puncak peringatan dengan tema “Keluarga Sehat Idamanku, Kota Sehat Impianku Menuju Bima RAMAH, Wabup berharap agar jajaran Dikes terus meningkatkan pelayanan untuk mewujudkan keluarga sehat sebagai keluarga idaman. Hal ini penting kata Wabup, “karena selaras dengan visi Bima RAMAH ini diupayakan untuk mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang lebih baik.  Mengingat selama ini ada kesenjangan tingkat kesehatan masyarakat yang perlu dijembatani melalui program-program prioritas di bidang kesehatan dan layanan dasar lainnya.

Pada kesempatan tersebut kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bima Drs. Hefdin Umar, APt dalam laporannya mengatakan, “tema nasional peringatan HKN Ke-52 tahun ini adalah “Masyarakat Berperilaku Sehat, Negara Kuat”.  Dalam rangkaian peringatan HKN tahun ini, sejumlah kegiatan telah dilaksanakan, baik berupa lomba olahraga seperti tarik tambang, lari karung, bola voli, tenis meja dan futsal.

Di samping Lomba Dokter Kecil, Lomba Kebersihan Sarana Kesehatan, Lomba Cerdas-Cermat Kader Posyandu, Lomba Penataan Aset Pemerintah, Lomba Perawat Teladan, Lomba Yel Yel Instansi dan Mars dan Lomba Senam. Pada kesempatan tersebut dan menyampaikan bahwa kegiatan peringatan HKN tahun ini terselenggara berkat kerjasama yang cukup baik antara Instansi yang dipimpinnya dengan sejumlah sponsor baik BNI, Bank NTB, BPJS dan organisasi profesi di bidang kesehatan.

Sejumlah kegiatan yang telah dilaksanakan dalam rangkaian HKN ke-52 tahun 2016 ditujukan untuk mempererat silaturahmi, baik pada Rumah Sakit, Puskesmas, Lembaga pendidikan kesehatan, para pensiunan, organisasi profesi termasuk dengan mitra kerja BPS kesehatan. “Pada saat yang sama kegiatan tersebut ditujukan untuk memasyarakatkan dan mempraktekkan salah satu kunci perilaku hidup bersih dan sehat supaya tetap sehat yaitu melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit setiap hari melalui kegiatan lomba olahraga.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Bupati menyerahkan 21 unit sepeda motor kepada 21 kepala Puskesmas untuk menunjang pelayanan medis dan cinderamata berupa cincin kepada 21 PNS purna tugas. Penghargaan lainnya yang diserahkan yaitu Penghargaan Juara I tingkat Provinsi NTB kepada kepala PKM Lambitu sebagai Pembina Kelompok Asuhan Mandiri Tanaman Obat Keluarga dan Juara III Tingkat Nasional untuk kelompok lomba yang sama, Pin Bidan AKINO kepada Nuryanti, A.Md Keb (Lamere-Sape).(M.01/H.01)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.