Header Ads

231 Kelompok Tani Bawang Merah Terima Bantuan




BIMA, MediaNTB.com - Sebanyak 231 kelompok yang berasal dari 13 kecamatan setraproduksi bawang menerima alat dan mesin pertanian (alsintan) Rabu (30/11/2016) menerima bantuan pengembangan bawang merah tahun anggaran 2016 di halaman kantor Bupati Bima LLk Jatiwangi.

Bupati yang didampingi Wakil Bupati Dahlan M, Noer, Wakil Ketua dan Anggota DPRD kabupaten Bima, “Hasil panen bawang dirasakan cukup melimpah oleh masyarakat dan meningkatkan pendapatan ekonomi seluruh masyarakat. Tentu saja hal ini menjadi kebanggan bagi Bupati ketika selama menjabat, harga bawang tercatat oleh masyarakat sangat baik dan dirasakan membawa kesejahteraan bagi masyarakat petani.

Disamping itu, kehadiran para pejabat dari Kementerian Pertanian untuk lebih meyakinkan para pemangku kebikajan di tingkat pusat menunjukkan bahwa bantuan tepat sasaran  dan sampai kepada yang berhak menerimanya. Bupati kembali mengingatkan kepada para petani dengan bantuan bibit dan obat-obatan jangan berpikir untuk menjualnya.

Demikian halnya kepada jajaran SKPD yang membagi dan mengarahkan bantuan agar jangan sekali-kali memotong sepeserpun anggaran yang disalurkan. Kepercayaan ini tidak hanya ditujukan kepada Bupati, tetapi kita harus kita jaga bersama dan tunjukkan kepada pihak yang belum percacya bahwa kita bekerja baik dan benar dan  bantuan ini betul-betul didapatkan oleh kelompok petani bawang”. Tegas Bupati.

Sekretaris Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian  RI Ir. Yasin Taufik memaparkan, penyerahan bantuan alat pertanian bagi kelompok tani  di wilayah Kabupaten Bima ditujukan untuk meningkatkan produksi hasil pertanian.

Lebih lanjut dijelaskan Yasin, Kementerian Pertanian menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Bima atas peningkatan produksi bawang  yang telah mendorong masyarakat tani dan dinas terkait dalam rangka peningkatan produksi bawang merah.

Dari sisi anggaran,  alokasi anggaran pada tahun 2014 Senilai Rp 2 milyar  dengan luas pengembangan 240 Hektar kemudian pada tahun 2015 meningkat menjadi Rp. 18 milyar  dan pada tahun 2016 mencapai Rp. 57 milyar.

Selain itu kepada seluruh jajaran Kabupaten Bima khususnya pada jajaran terkait dapat bersinergi dengan kepala daerahnya guna peningkatan produksi bawang serta dapat mentaati aturan yang ada.

Pada kesempatan tersebut dilakukan penyerahan 122 unit handtraktor senilai RP 3,07 milyar, 475 pompa air senilai Rp 2,61 milyar, 736 sprayer Rp 846,31 juta dan benih bawang serta obat-obatan seniulai Rp. 42,23 milyar.

Alsintan tersebut diserahkan secara simbolis  5  unit mesin pompa air dan 2  mesin traktor oleh Bupati Bima kepada M.Sidik, ketua  Poktan Oi Sii Kecamatan Belo, Zainuddin ketua Poktan Daha Ndere Desa Sumi Kecamatan Lambu, Sarjan Ketua Poktan So Sori Kecamatan Wera, Arfan Mansur Ketua Poktan So Rida To’I Kecamatan Monta, Nasarudin Ketua Poktan So Lambu II Kecamatan Soromandi, Ketua Poktan Wadu naE desa Sai -Soromandi  dan Ketua Poktan Mamba Desa Kowo -Sape.

Selanjutnya bagi poktan yang mendapatkan bantuan akan diserahkan di DInas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura keesokan harinya.(M.01/H.03,01)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.