Header Ads

Bank NTB Dompu Jelaskan Manfaat Dana KUR



DOMPU, MediaNTB.com – Realisasi Dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang ada di Bank NTB cabang Dompu, patut diberikan apreasisasi dan ajungan jempol. Bagimana tidak, realisasi dana ini ternyata cukup membantu usaha – usaha masyarakat kecil terutama petani yang ada di wilayah Kabupaten Dompu.

”Alhmadulillah, reaslisasi dana KUR di Dompu ini cukup meningkat. Bahkan banyak masyarakat atau petani di dompu ini yang terbantu oleh dana KUR di Bank NTB ini,” ujar Wakil Direktur Bank NTB cabang Dompu, Ahmad Bahagia, saat diwawancarai wartawan di ruang kerjanya, Rabu (7/12/2016).

Ahmad menyebutkan, realisasi dana KUR tahun 2015 kemarin mencapai 5 Milyar. Sementara untuk tahun 2016 ini realisasinya mencapai Rp.12 Milyar.”Nilai realisasi itu baru skup wilayah Dompu saja dan belum di hitung di wilayah – wilayah kecamatan lain  yang ada di dompu ini,” jelasnya.

Ahmad menjelaskan, bahwa Kredit Usaha Rakyat (KUR) merupakan program yang termasuk dalam Kelompok Program Penanggulangan Kemiskinan Berbasis Pemberdayaan Usaha Ekonomi Mikro dan Kecil (klaster 3). Klaster ini bertujuan untuk meningkatkan akses permodalan dan sumber daya lainnya bagi usaha mikro dan kecil. KUR adalah skema kredit (pembiayaan) modal kerja dan atau investasi yang khusus diperuntukkan bagi Usaha Mikro Kecil Menengah dan Koperasi (UMKMK) di bidang usaha produktif.

”Tujuan program KUR adalah mengakselerasi pengembangan kegiatan perekonomian di sektor riil dalam rangka penanggulangan dan pengentasan kemiskinan serta perluasan kesempatan kerja,” terangnya.(Sahrul)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.