Header Ads

Bupati Sumbawa Buka Mudzakara Rea Lembaga Adat Tana Samawa


Sambutan Bupati Sumbawa H.M.Husni Djibril sekaligus
membuka Mudzakara Rea LATS 2016 secara resmi

SUMBAWA, MediaNTB.com - Mudzakara Rea Lembaga Adat Tana Samawa (LATS) 2016 kembali digelar, agenda adat Tana Samawa yang digelar tiap 5 (lima) tahunan ini diselenggarakan sebagai forum konsolidasi organisasi dan pertemuan para tokoh adat, budaya dan agama Tau Samawa untuk memperkuat kembali ukhuwah serta memusyawarahkan berbagai aspek yang berkaitan dengan budaya, tradisi, kebudayaan, tatanan kehidupan Tau Samawa kini dan dimasa yang akan datang dalam lingkup Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Bupati Sumbawa didampingi Ibu Hj. Amin Rahmani Husni Djibril turut hadir pada malam pembukaan Mudzakara Rea Lembaga Adat Tana Samawa yang diselenggarakan di Istana Dalam Loka Sumbawa Besar. Bertempat di aula Lunyuk Agung, Bupati Sumbawa H. M. Husni Djibril, B.Sc dihadapan Sultan Sumbawa Dewa Masmawa Sultan Muhammad Kaharuddin IV dan seluruh peserta mudzakara menyampaikan sambutan selaku pemerintah sekaligus membuka acara Mudzakara Rea Lembaga Adat Tana Samawa 1438 H / 2016 M.

Dalam sambutannya Bupati Husni menyatakan bahwa sebagai penyelenggara otonomi daerah, kami mempunyai kewajiban melindungi masyarakat, menjaga persatuan, kesatuan dan kerukunan nasional, keutuhan negara kesatuan republik indonesia, serta melestarikan nilai sosial budaya. Untuk itu, selaku Kepala Daerah kami mempunyai tugas dan kewajiban untuk mengupayakan pengembangan dan pelestarian sosial budaya di Tana Samawa ini. Upaya melestarikan dan mengembangkan tradisi adat budaya di tana samawa merupakan bagian dari langkah untuk memelihara ketahanan budaya bangsa sebagai pilar dari ketahanan nasional. seiring dengan semangat tersebut Lembaga Adat Tana Samawa (LATS) memiliki potensi besar untuk berperanserta dalam pengembangan dan pelestarian adat budaya di Tana Samawa baik sebagai potensi pembangunan kepariwisataan secara umum.

Bupati Sumbawa menyampaikan apresiasi atas diselenggarakannya Mudzakara Rea Lembaga Adat Tana Samawa.  “Sebagai pimpinan daerah, saya menyambut baik dengan segala takzim atas terselenggaranya mudzakara rea ini. Kami yakin, mudzakara ini bukan hanya sekedar media diskusi dan argumentasi, tapi melalui mudzakara ini diharapkan mampu mengembangkan sebuah lembaga adat yang kompeten, adaptable, dan mempunyai semangat baru untuk melangkah lebih akseleratif kolaburatif dalam mewujudkan berbagai program kerja organisasi sekaligus sebagai salah satu mitra strategis pemerintah daerah dalam memacu pembangunan lima tahun ke depan” demikian disampaikan Bupati Sumbawa.

Selanjutnya Haji Husni menyampaikan bahwa beberapa waktu yang lalu, Kabupaten Sumbawa telah memproyeksikan diri sebagai bagian keanggotaan Jaringan Kota Pusaka Indonesia yang dibina oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia Dan Kebudayaan RI. Insyaallah dengan dukungan dan doa kita bersama, pada bulan April 2017 mendatang rencananya kabupaten sumbawa akan di deklarasikan sebagai anggota Jaringan Kota Pusaka Indonesia di Bali. “Menyongsong dideklarasikannya Kabupaten Sumbawa sebagai anggota Jaringan Kota Pusaka Indonesia ini, tentu kita harus mulai berbenah diri. menggali histori tradisi, menggali cagar budaya dan cagar alam dengan segala sejarahnya, melestarikan bahkan mengembangkannya harus kita laksanakan secara terpadu dan berkesinambungan” demikian Bupati Sumbawa seraya berharap sinergi dan dukungan dari Lembaga Adat Tana Samawa untuk seiring sejalan membangun masyarakat, budaya, tradisi guna mewujudkan masyarakat Sumbawa yang Hebat dan Bermartabat.

Mudzakara Rea Lembaga Adat Tana Samawa dihadiri oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Sumbawa, Budayawan Nusantara asal Sumbawa Taufiq Rahzen, para sesepuh adat dari Kabupaten Sumbawa dan Kabupaten Sumbawa Barat, para pengurus LATS Kecamatan, para pimpinan SKPD, Camat, serta perwakilan dari Ikatan Keluarga Samawa dari berbagai kota di Indonesia. Rencananya Mudzakara Rea ini akan berlangsung sampai tanggal 18 Desember 2016. Pembukaan Mudzakara Rea Lembaga Adat Tana Samawa ditutup dengan sajian atraksi Tarian dari Kabupaten Sumbawa Barat dan persembahan Sakeco dari Kabupaten Sumbawa.(M.01/H.01)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.