Header Ads

Desak Ahok Ditangkap, Forum Umat Islam Dompu Kembali Turun ke Jalan



Dompu, MediaNTB.com – Puluhan masyarakat yang tergabung dalam Forum Umat Islam (FUI) Dompu, Jumat (2/12/2016), turun ke jalan dan melakukan aksi unjuk rasa (aksi damai) di depan kantor Kejaksaan Negeri Dompu dan Mapolres Dompu. Hal tersebut dilakukan Forum Umat Islam Dompu untuk mendesak penegak Hukum agar segera menangkap Basuki Tjaha Purnama (Gubernur DKI Jakarta nonaktif) alias Ahok yang diduga menistakan agama.

Pantauan langsung wartawan ini melaporkan, sebelum melakukan unjuk rasa, massa dari Forum Umat Islam Dompu melaksanaan shalat Jumat bersama di Masjid Baiturrahman Dompu. Setelah melaksanakan shalat jamaah bersama, massa pun terlihat berkumpul di depan Masjid Baiturrahman.

Kemudian, massa pun mulai berjalan menuju kantor Kejaksaan Negeri Dompu dan terlihat dikawal oleh sejumlah aparat Kepolisian Polsek Kota Dompu dan Polres Dompu. Sebagian massa terlihat ada yang berjalan kaki, menggunakan sepeda motor dan menaiki mobil pic up sambil membawa panflek dan spanduk yang berisi berbagai tulisan (pesan moral) untuk penegak hukum. Isi tulisan dalam beberapa panflek tersebut antara lain, segera tangkap dan adili ahok (Sang Penghina Islam dan Melecehkan Al – Qura’an, Red), Tegakan hukum seadil – adilnya tanpa pandang bulu, Tangkap si ahok, Penjarakan Ahok, Ahok harus di tangkap, Al – Maidah 51 harga mati bagi kami.

Masih dalam pantuan langsung, di sepanjang jalan massa aksi juga terlihat melakukan orasi guna menyampaikan berbagai aspirasi dan tuntutan kepada penegak hukum. Tidak hanya itu, sesampai di depan kantor Kejaksaan Negeri Dompu, massa aksi pun terlihat berorasi secara bergantian di atas mobil pic up. Setelah berorasi di depan kantor kejaksaan setempat, akhirnya massa aksi pun bergerak dan melanjutkan perjalan menuju Mapolres Dompu sambil berorasi.

Sesampai di depan Mapolres Dompu, massa aksi terlihat disambut secara baik oleh Kapolres Dompu, AKBP Jhon Wesly Arianto S.Ip beserta jajaranya di bawah. Tidak hanya itu, Dandim 1614 Dompu, Letkol CZI Arief Hadiyanto S.Ip bersama beberapa anggotanya juga terlihat hadir dan menyambut massa aksi di depan Mapolres Dompu tersebut. Masa aksi pun kembali terlihat berorasi secara bergantian di atas mobil pic up, guna menyampaikan berbagai aspirasi dan tuntutanya kepada penegak hukum.

Disela – sela waktu, tepatnya saat memasuki waktu shalat ashar, massa aksi (Forum Umat Islam Dompu ) bersama Kapolres Dompu dan Dandim 1614 Dompu serta beberapa anggota Kepolisian dan TNI melaksanakan shalat ashar berjamaah yang berlangsung di jalur jalan, tepatnya di atas aspal depan Mapolres Dompu.

Usai shalat ashar berjamaah tersebut, Perwakilan Forum Umat Islam Dompu, melalui orasinya menyampaikan, agar penegak hukum segera menangkap dan mengadili ahok. Menurut massa aksi (Forum Umat Islam Dompu), ahok adalah tersangka penistaan terhadap agama (menghina Al – Qura’an, surat Al- Maidah 51, Red).”Mengingat Ahok sudah ditetapkan sebagai tersangka oleh pihak kepolisian dalam kasus penistaan agama. Jadi sudah sepantasnya dia (Ahok, red) segera di penjara dan di hukum seadil – adilnya,” teriak salah satu perwakilan Forum Umat Islam Dompu di hadapan Kapolres Dompu berserta jajaranya di bawah.

Massa aksi menyebutkan, semua orang di matta hukum sama dan tidak ada pandang bulu. Jadi siapapun yang melanggar hukum, tentu akan mendapatkan ganjaranya.”Ahok pantas untuk di hukum dan di penjara. Sebab dia (Ahok, Red) sudah menghina Al – Qur’an (surat Al – Maidah 51). Jadi kami meminta kepada penegak hukum agar menghukum dan mengadili ahok tanpa pandang bulu,” pintanya.

Lebih jauh massa aksi berharap kepada Kapolres Dompu, agar menyampaikan aspirasi dan tuntutan yang disampaikan oleh Forum Umat Islam Dompu kepada penegak hukum yang ada di pusat (Jakarta).”Kami berharap kepada Kapolres Dompu, AKBP Jhon Wesly Arianto S.Ip, agar menyampaikan aspirasi dan tuntutan yang kami sampaikan ini,” harapnya sembari meng-akhiri aksi damai dengan do’a bersama.
Sementara itu, Kapolres Dompu, AKBP Jhon Wesly Arianto S.Ip, di hadapan massa aksi (Forum Umat Islam Dompu), berjanji akan menyampaikan apa yang menjadi aspirasi dan tuntutan yang dituangkan dalam unjuk rasa (aksi damai) tersebut.

Sebelumnya, menurut informasi yang berhasil di himpun wartawan ini menyebutkan, bahwa Unras (aksi damai) yang di lakukan oleh Forum Umat Islam ini, tidak hanya berlangsung di daerah dompu saja. Akan tetapi juga berlangsung secara serentak di berbagai daerah, termasuk di Jakarta.

Aksi unras (aksi damai) ini, digelar dalam rangka untuk mendesak penegak hukum agar segera menangkap Ahok (Basuki Tjaha Purnama, Red) yang diketahui sudah ditetapkan tersangka oleh Bareskrim (Mabes Polri) dalam kasus dugaan penistaan agama (menghina Al- Qur’an/ surat Al- Maidah 51).

Masih menurut informasi, bahwa berkas perkara dugaan penistaan agama oleh tersangka Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sudah di limpahkan oleh Bareskrim Mabes Polri ke Kejaksaan Agung (Kejagung) pada Jumat kemarin (25/11/2016/Sumber news.okezone.com.(Sahrul) 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.