Header Ads

TNI Buktikan “CINTA” Terhadap Rakyat






DOMPU, MediaNTB.com – Tentara Nasional Indonesia (TNI) tidak hanya bertugas menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara. Akan tetapi disela – sela kegiatanya pun, TNI membuktikan kecintaanya terhadap rakyat atau masyarakat sebagaimana yang tertuang dalam Jargon BERSAMA RAKYAT TNI KUAT.

Hal tersebut terbukti, seperti yang dilakukan oleh Komando Distrik Militer (Kodim) 1614 Dompu bersama jajaranya dibawah. Melalui image (Foto- foto) yang diapload diakun Facebook (jejaring social) yang dinamai Kodim Dompu ini, Dandim 1614 Dompu, Letkol CZI Arief Hadiayanto S.IP, bersama beberapa anggotanya di bawah dan masyarakat serta salah satu UD Dharma, melakukan kegiatan Penamaman Kembali Hutan Yang Gundul (Reboisasi) di salah satu lokasi wilayah Gunung Dompu. Hal itu dilakukan mereka sebagai bentuk salah satu usaha untuk tetap melestarikan hutan atau alam.

Tidak hanya itu, di lokasi lainya pun telihat Bintara Pembina Desa (Babinsa) Desa Hu’u Dompu, Sertu Rustam (Koramil 1614 -03 Hu’u Kodim 1614 Dompu), sedang Membantu Petani Menanam Padi di Sawah tepatnya di lokadi Desa Binaanya. Hal lainya pun yaitu, terlihat sinergitas Babinsa dan Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas/Polisi) Desa Kramat dalam mengawal distribusi bibit jagung ke kelompok tani. Begitu juga dengan Koramil 1614 – 05 Pekat yang terlihat memberikan bantuan sarana Jamban kepada masyarakat dengan tema Sederhana dan Kecil Namun Sangat Berakti serta Bermanfaat Bagi Masyarakat Yang Kurang Mampu.

Sejumlah kegiatan yang dilakukan TNI ini, menunjukan bahwa kuatnya kebersamaan TNI dengan rakyat termasuk para petani dan masyarakat. Bagaimana tidak, ketika masyarakat di landa bencana alam, pun para TNI selama ini tetap turun dan ikut membantu masyarakat dalam meringankan bebanya.

Hal ini juga menunjukan adanya peningkatan profesionalisme dan disiplin, serta semangat juang Prajurit TNI dalam mengamankan dan mempertahankan kedaulatan NKRI. Bagaimana tidak, niat, tekad dan semangat patriotik dan profesionalisme prajurit TNI untuk berbuat dan berkarya yang lebih baik, lebih berkualitas dan lebih berkapasitas dalam bingkai NKRI.

Bagi TNI sikap patriot sejati dan peningkatan profesionalisme, serta keberadaannya yang selalu mencintai dan dicintai rakyat, adalah kunci kekuatan TNI dalam menyelesaikan setiap tugas yang diberikan negara. Dengan kebersamaan dan kemanunggalan TNI – Rakyat, dapat diyakini akan menjadi daya tangkal yang maha dahsyat guna menegakkan kedaulatan dan mempertahankan keutuhan wilayah NKRI.

Bahkan ditengah kondisi bangsa yang hiruk-pikuk oleh politik dan maraknya kriminalitas, rakyat merasa rindu kehadiran TNI. Itu tecermin dari banyaknya pernyataan “enakan zaman Pak Harto. Aman”. Kini, kerinduan rakyat ditemukan kembali dalam banyak kegiatan sosial kemasyarakatan yang digelar TNI.

TNI dalam satu wilayah, tugas utamanya adalah pertahanan. Namun, TNI adalah institusi Pembina Teritorial. Oleh karena itu, TNI juga selalu mendekat kepada masyarakat dengan berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan. Hadirnya anggota TNI di tengah-tengah masyarakat secara kasat mata pasti akan memberi efek segan kepada orang yang mempunyai keinginan jahat, Itu pasti. Sebagai contoh, jika ada tentara mengobrol dengan warga di pos-pos ronda atau di tempat lain, pasti akan merasa lebih aman. Banyak lagi kegiatan kemasyarakatan dan keagamaan yang dapat melibatkan partisipasi prajurit TNI.

Masih banyak lagi kegiatan TNI yang bertujuan untuk lebih dekat lagi dengan masyarakat. Salah satunya, merekapun (para TNI) pernah mencanakan program TNI Manunggal KB dan Kesehatan, penyuluhan bahaya penyalahgunaan narkoba, serta berbagai penyuluhan terkait bidang pertanian dan perkebunan, hingga melakukan pengobatan massal gratis untuk masyarakat seperti yang pernah dilakukan selama ini. Hal ini pun menunjukan bahwa kecintaan masyarakat terhadap TNI bukan sekedar wacana dan pengakuan semata karena semuanya sudah dibuktikan lewat pembuktian – pembuktian dan kerjanya nyata yang dilakukan TNI bersama rakyat.(Sahrul)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.