Header Ads

UD Darma Gelar Penghijauan di Gunung Mekar Sari Desa Napa Dompu



DOMPU, MediaNTB.com - Jajaran UD Darma yang berlokasi di jalan lintas Sumbawa Desa Kwangko, Kecamatan Manggelewa, Kabupaten Dompu, Rabu kemarin (14/12/2016) menggelar kegiatan Penanaman Kembali Hutan yang gundul (penghijauan) di wilayah Gunung Dusun Mekar Sari Desa Napa Kecamatan Manggelewa Kabupaten Dompu. Kegiatan tersebut digelar UD Dharma yang bergerak dalam bidang penjualan kayu - kayu olahan ini dalam rangka untuk tetap menghijaukan dan menjaga kelestarian hutan yang ada di wilayah Dompu.

Kegiatan yang berlangsung dengan tema TANAN dan PELIHARA POHON UNTUK HIDUP YANG LEBIH BAIK, POHON UNTUK KEHIDUPAN tersebut bekerjasama dengan KPHL Ampang Riwo Soromandi (ARS) Propinsi NTB, Kodim 1614 Dompu dan sejumlah Masyarakat yang ada di Desa Napa Kecamatan Manggelewa Kabupaten Dompu.

Pantuan langsung wartawan ini.melaporkan, dalam kegiatan tersebut terlihat Dandim 1614 Dompu Letkol CZI Arief Hadiayanto S.IP beberapa anggotanya dan Direktur UD Dharma serta KPHL ARD dan  masyarakat secara langsung menanam bibit pohon tersebut di lokasi yang sebelumnya merupakan sasaran dari kegiatan tersebut.

Direktur UD Dharma Kabupaten Dompu, Dharma S.Pd, kepada wartawan ini mengaku, tujuan pihaknya menggelar kegiatan seperti ini yaitu, selain sebagai bentuk sikap dan prihatin terhadap kelestarian hutan di wilayah Dompu. Tapi juga dalam rangka untuk mengajak seluruh masyarakat Dompu agar perduli terhadap hutan.

"Kami UD Dharma memang bergerak pada bidang penjualan kayu olahan. Tapi selain itu juga kami juga tentu memikirkan tentang kelesatarian Hutan di dompu ini. Sehingga inilah alasan kenapa kami bersama pihak - pihak lainya menggelar kegiatan semacam ini," ujar Dharma di lokasi berlangsungnya kegiatan penghijauan tersebut.

Diakui Dharma, dalam kegiatan ini pihaknya menyediakan bibit pohon jenis Sengon dan Mahoni sebanyak 3000 (Tiga Ribu) bibit pohon. Dan sejumlah bibit pohon tersebut ditanam di lokasi yang menjadi sasaran kegiatan tersebut."Sisa dari bibit pohon itu, kami memberikannya kepada masyarakat untuk ditanami di lahan mereka masing - masing," jelasnya.

Menurut Dharma, kegiatan penghijauan seperti ini harus terus dilaksanakan setiap tahunya. Hal ini, kata dia, agar hutan di wilayah dompu tetap hijau dan lestari."Semoga dengan adanya kegiatan seperti ini bisa memotivasi masyarakat  dompu untuk tetap melestarikan hutan," harapnya.(Sahrul)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.