Header Ads

Upacara Peringati HUT NTB ke-58 di Kota Bima Berlangsung Hikmad

KOTA BIMA, MediaNTB.com - Pemerintah Kota Bima melaksanakan upacara peringatan Hari Ulang Tahun Provinsi Nusa Tenggara Barat yang ke-58 pada hari Sabtu, 17 Desember 2016. Wakil Walikota Bima H. A. Rahman H. Abidin, SE, bertindak selaku inspektur upacara sementara Ketua DPRD Kota Bima Fery Sofyan, SH, sebagai pembaca naskah Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945. Upacara berlangsung di halaman kantor Walikota Bima, diikuti oleh pegawai lingkup Pemerintah Kota Bima.

Hadir Wakil Ketua DPRD Kota Bima M. Syafie, ST, Dandim 1608/Bima Kol. Czi. Yudil Hendro, Ketua MUI Kota Bima Drs. H. M. Saleh Ismail, Ketua TP PKK Kota Bima Hj. Yani Marlina M. Qurais, Ketua GOW Kota Bima Hj. Badrah Ekawati A. Rahman, Ny. Jumriah Fery Sofyan, para pimpinan BUMN/BUMD serta pejabat daerah Kota Bima dari berbagai tingkatan.

Asisten (I) Bidang Pemerintahan dan Kesra Drs. M. Farid, M.Si, bertindak sebagai perwira upacara. Kepala Satuan Pol PP Syarief Rustaman, MAP, sebagai komandan upacara, sementara pembaca doa adalah Ust. H. Ahmad, S. Ag, dari bagian Kesra Setda Kota Bima. Pembawa bendera pataka lambang daerah NTB adalah pasukan Pol PP Kota Bima.

Wakil Walikota membacakan sambutan Gubernur NTB Dr. H. Zainul Majdi. Dalam sambutan tersebut, masyarakat NTB diajak utnuk mensyukuri berbagai pencapaian yang telah diraih oleh Provinsi NTB setahun terakhir.

NTB tetap mempertahankan status sebagai daerah lumbung pangan nasional. Dari produksi beras nasional sebesar 1,3 juta ton pada tahun 2015, Nusa Tenggara Barat mampu menyangga kebutuhan nasional sebesar 700 ribu ton.
Produksi perikanan budidaya yang menjadi andalan NTB juga meningkat pada tahun 2015 sebesar 1,3 juta ton, dari produksi sebesar 1,07 juta ton pada tahun 2014.
Sedangkan produksi rumput laut meningkat 19,17% dari tahun 2014, menjadi 918,02 ribu ton pada tahun 2015. Demikian halnya ekspor mutiara pada tahun 2015 senilai USD 1,6 juta, meningkat dari tahun 2014 yang senilai USD 1,05 juta.

Sektor pariwisata juga menunjukkan capaian yang terus menggembirakan. Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara dan nusantara tahun 2015 sebanyak 2,2 juta orang, meningkat dari 1,6 juta pada tahun 2014.

Berbagai kemajuan dan prestasi ini berdampak signifikan pada peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan berbagai indikator, antara lain: pertumbuhan ekonomi daerah Nusa Tenggara Barat selama tahun 2015 dan sampai pertengahan 2016 meraih posisi tertinggi secara nasional.

Provinsi Nusa Tenggara Barat ditetapkan pula sebagai “top mover” selama dua tahun berturut-turut dalam akselerasi peningkatan Indeks Pembangunan Manusia. Dalam hal laju pencapaian Millenium Development Goals (MDG’s), NTB mendapat pengakuan internasional dengan diikutsertakannya NTB dalam berbagai pengalaman dengan negara lain di forum pertemuan Perserikatan Bangsa-Bangsa beberapa waktu yang lalu.

NTB juga mendapat kepercayaan sebagai penyelenggara event-event nasional dan internasional, seperti Hari Pers Nasional, Musabaqah Tilawatil Qur’an, Konferensi Ulama Internasional, peringatan Hari Anak Nasional, dan terakhir bulan lalu kita sebagai tuan rumah penyelenggaraan Gelar Teknologi Tepat Guna Tingkat Nasional.

Selama tahun 2016 tidak kurang dari 18 duta besar negara sahabat datang berkunjung. Terakhir kita kedatangan para duta besar Timur Tengah, termasuk Presiden Islamic Development Bank (IDB) yang berkunjung ke NTB dengan niatan ingin melihat dari dekat potensi serta peluang kerjasama pembangunan dengan nusa tenggara barat. Momentum ini hendaknya dijaga dan terus dimanfaatkan bagi kesejahteraan masyarakat.

Gubernur NTB berpesan kepada seluruh jajaran pemerintahan daerah dan seluruh komponen masyarakat, agar terus bekerja penuh semangat, mengerahkan kemampuan secara optimal untuk melayani masyarakat dan jauhi sikap-sikap yang merendahkan martabat. Junjung tinggi integritas, profesionalisme dan kejujuran.
Para pemuda, pelajar dan mahasiswa, diminta untuk memanfaatkan waktu untuk bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu, hindari pergaulan bebas dan penyalahgunaan narkoba.

Dinamika pembangunan akan terus berjalan. Seluruh elemen masyarakat harus mempersiapkan diri melewati berbagai tantangan yang tidak makin ringan. Kebersamaan dan persaudaraan menjadi hal yang paling utama untuk mengawal agenda besar pembangunan daerah.

Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika Resort, rencana pembangunan Global Hub Kayangan, percepatan pengembangan Kawasan Samota, Teluk Bima, dan segera merealisasikan jalan bypass port to port, semua membutuhkan semangat, ikhtiar dan keikhlasan bersama.

Usai upacara, dilaksanakan penyerahan bantuan kendaraan roda tiga pengangkut sampah yang merupakan bantuan dari OXFAM dan Lembaga Pengembangan Partisipasi Demokrasi dan Ekonomi Rakyat (LP2DER) sebagai dukungan operasional Bank Sampah Kelurahan Sarae. Penyerahan dilakukan oleh Direktur LP2DER Ir. Bambang Yusuf kepada Wakil Walikota. Wakil Walikota dan Ketua DPRD Kota Bima selanjutnya menyerahkan kepada Manajer Bank Sampah Kelurahan Sarae Qadafi, S. Ag.(M.01/H.01)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.