Header Ads

TP. PKK Provinsi NTB Road Show HKG PKK ke – 45 di Kabupaten Bima


           
Bima, MediaNTB.com - Wakil ketua 1(satu) TP. PKK Provinsi NTB Hj.Syamsiah M.Amin pada hari senin (20/2) melakukan road show HKG PKK Ke – 45 tingkat Provinsi NTB yang dilangsungkan di wilayah Kabupaten Bima. Tim Penggerak PKK Provinsi NTB tersebut langsung diterima oleh ketua TP.PKK Kabupaten Bima Rostiati Dahlan beserta jajaranya di aula kantor camat Woha yang ditandai dengan pengalungan Bunga oleh Ibu Ketua TP.PKk Kabupaten Bima kepada Wakil ketua 1 (satu) TP.PKK Provinsi NTB. Kegiatan tersebut turut dihadiri Bupati Bima, para Kepala SKPD lingkup pemerintah kabupaten Bima, camat Woha beserta jajaranya serta para ibu ketua TP.PKK Kecamatan
           
Rostiati Dahlan selaku Ketua TP.PKK Kabupaten Bima dalam laporan menyampaikan kegiatan road show HKG PKK Ke – 45 tingkat Provinsi NTB di Kabupaten Bima yang dirangkaikan dengan sosialisasi advokasi materi informasi, Advokasi dan KIE program KKBPK TK. Kabupaten Bima serta kegiatan pelayanan KB khususnya metode kontrasepsi jangka panjang di Puskesmas Kecamatan Woha dan pelayanan metode kontrasepsi jangka panjang di seluruh kecamatan  merupakan tidak sekedar untuk menciptakan kemeriahan sesaat, akan tetapi untuk lebih memberikan makna atas kiprah dan karya nyata gerakan PKK dalam mensukseskan program KKBPK selama ini, dengan tujuan untuk memasyarakatkan gerakan PKK sebagai gerakan yang dikelola dengan prinsip dari dan untuk masyarakat sehingga daapt bermanfaat bafi masyarakat di wilayah Kabupaten Bima.
           
Gerakan PKK juga merupakan wadah aktivitas sosial kemasyarakatan bagi keluarga, memiliki sejarah perjalanan yang panjabng, berpedoman pada makna sejarah sebagai kesatuan nilai yang patut dipedomani dalam mendukung proses pembangunan bangsa yang diarahkan pada terwujudnya kehidupan keluarga yang lelbih maju, bahagia, sehatr dan sejahtera.
           
Selain kegiatan road show HKG PKK ini juga dilakukan pembinaan kelompok UP2K – PKK oleh Pokja 2 (dua) yang dilangsungkan di aula kantor camat woha, sosialisasi pemanfaatan pekarangan dengan slogan TANCAPGAS ( tanam cabe terintegrasi unggas) di hatinya PKK oleh Pokja 3 (tiga) yang diadakan di desa rabakodo kecamatan Woha, Pembinaan PHBS dan LBS oleh Pokja 4 (empat) diadakan di desa rabakodo kecamatan woha, pelayanan KB gratis dan pemasangan IVA test di puskesmas  Woha.
           
Dengan adanya kegiatan seperti ini diharapkan keluarga akan menjadi wahana yang tangguh bagi terwujudnya ketahanan keluarga untuk mencapai keluarga yang sejahtera.ungkapnya.

Wakil ketua 1(satu) TP. PKK Provinsi NTB Hj.Syamsiah M.Amin juga menyampaikan bahwa kegiatan yang dilakukan ini merupakan salah satu kegiatan yang kami lakukan tiap tahunnya dalam rangka melakukan road show di wilayah Kota dan kabupaten se – NTB terutama di wilayah kecamatan yang melaksanakan kegiatan road show PKK, sehingga dengan melakukan road show ini selain mensosialisasikan program / kegiatan yang dilaksanakan oleh Tim Penggerak PKK ini, juga dalam rangka ingin melihat secara langsung kegiatan yang telah dilakukan oleh ketua TP.PKK Kabupaten dan Kota beserta jajaranya diwilayah tempat dilakukanya kegiatan PKK terutama dalam rangka mendukung 10 program pokok PKK.

Oleh karena itu  kami bersama jajaranya dari Provinsi melakukan road show di seluruh wilayah kabupaten dan Kota yang ada di wilayah Provinsi NTB, sehingga dengan dilakukanya road show ini diharapkan kegiatan PKK terutama 10 program pokok PKK dapat terlaksana dan telah dilakukan sosialisasi di tengah – tengah masyarakat sekaligus mendukung program pemerintah.

Road show yang kami lakukan ini diharapkan dapat memberikan semangat terhadap kader PKK agar terus bekerja sekaligus mengembangkan jaringan kemitraan dan kerjasama dengan berbagai pihak terutama dengan BKKBN Provinsi NTB dan DP#AP2KB Kabupaten Bima untuk kelangsungan program PKK yang kita gaungkan selama ini.

Begitu pula disampaikan oleh Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri dalam arahan bahwa dengan Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK dan road show pelayanan keluarga berencana dan  Kesehatan yang kita lakukan ini, tidak sekedar untuk menciptakan kemeriahan semata, tetapi lebih memberikan makna  ungkapan syukur atas kiprah dan karya nyata gerakan PKK selama ini. Disamping memberikan motivasi dan semangat bagi kader PKK agar tetap terus giat melaksanakan tugas dan fungsinnya yaitu berusaha memberdayakan dan mensejahterakan keluarga.
           
Melalui peringatan HKG PKK ke – 45 ini, mari kita introspeksi diri dalam rangka mengevaluasi apa saja yang telah dilakukan oleh PKK selama setahun ini, sehingga dengan peringatan yang ke – 45 ini kedepanya Kiprah PKK dapat ditingkatkan dalam rangka pelaksanaan 10 program pokok PKK sekaligus diharapkan dapat meningkatkan pemahaman segenap jajaran TP. PKK, masyarakat dan seluruh komponen di daerah initentang keberadaan, tujuan, program dan kegiatan PKK.

Selama 45 (empat puluh lima) tahun pelaksanaan gerakan PKK dalam mendukung proses pengembangan Bangsa, ternyata telah menunjukan keberhasilannya mendapatkan pengakuan dan penghargaan dari lembaga – lembaga Nasional maupun Internasional. Hal ini tentunnya mengandung makna bahwa eksistensi gerakan PKK telah diakui oleh kepala Negara, sebagai gerakan dari dan oleh masyarakat sebagai mitra kerja pemerintah dalam melaksanakan program – program pembangunan. Untuk itu dengan adanya pengakuan tersebut agar dijadikan factor pendorong untuk lebih meningkatkan kualitas peran dan tanggung jawab kita dalam meraih dan mempertahankannya.
           
Dijabarkan pula bahwa      Tim penggerak PKK perlu memahami program – program sosial dasar masyarakat agar dapat mengembangkan berbagai bentuk dan jenis kegiatan pemberdayaan keluarga sesuai kebutuhan masyarakat, sehingga dengan pemberdayaan keluarga  dan masyarakat  ini   dapat mengembangkan kesejahteraan kelaurga dan sikap demokrasi dalam keluarga.
           
Dengan memahani kedudukan, fungsi dan peran di berbagai Dinas / intansi atau lembaga pemerintah yang mempunyai tugas pokok dan fungsinya dalam memberdayakan masyarakat atau pemberdayaan keluarga agar dapat berkoordiansi dan memadukan gerak langkah program / kegiatan pemberdayaan yang dilaksanakanya.

Bupati Bima Hj.Indah Dhamayanti Putri berharap melalui kegiatan seperti ini kedepannya dapat lebih mengoptimalkan lagi gerakan PKK diperlukan payung hukum yang lebih mengikat dari aturan yang ada sekarang tentang pemberdayaan masyarakat dan kesejahteraan keluarga.

Momentum tersebut ditandai dengan penyerahan bantuan tanaman bibit cabe terintegrasi unggas sebanyak 1.500 bibit pohon cabe dari BPTP  yang diterima oleh 3 (tiga) poktan tani yaitu Poktan Wanita Tani “ Oi Sie “ Desa Roka kecamatan Belo,Poktan Wanita Tani Meci Anggi desa Tangga Kecamatan Monta serta Poktan Wanita Tani Bunga Harapan yang berasal dari desa Pandai kecamatan Woha.  Bantuan tersebut langsung diserahkan oleh  Wakil ketua 1(satu)                 TP. PKK Provinsi NTB Hj.Syamsiah M.Amin yang didampinggi oleh Bupati Bima Hj.Indah Dhamayanti Putri kepada masing – masing ketua Poktan.

Selanjutnya Wakil ketua 1(satu) TP. PKK Provinsi NTB Hj.Syamsiah M.Amin bersama  Bupati Bima dan rombongan melakukan sosialisasi terkait dengan pembinaan kelompok UP2K – PKK oleh Pokja 2 (dua) yang dilangsungkan di aula kantor camat woha, sosialisasi pemanfaatan pekarangan dengan slogan TANCAPGAS ( tanam cabe terintegrasi unggas) di hatinya PKK oleh Pokja 3 (tiga) yang diadakan di desa rabakodo kecamatan Woha, Pembinaan PHBS dan LBS oleh Pokja 4 (empat) diadakan di desa rabakodo kecamatan woha, pelayanan KB gratis dan pemasangan IVA test di puskesmas  Woha.(H.03/M)      

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.