Lomba Kreativitas Anak Meriahkan Gebyar PAUD Kota Bima



BIMA, Media NTB - Pemerintah Kota Bima melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menggelar Gebyar PAUD Kota Bima Tahun 2017 diwarnai berbagai lomba kreativitas anak TK/PAUD, yang dilaksanakan di aula TK Pembina 01 Raba pada Kamis (16/03/2017).

Lomba diikuti oleh ratusan anak peserta PAUD dan TK se-Kota Bima. Lomba dibuka oleh Asisten (I) Setda Bidang Pemerintahan dan Kesra Drs. M. Farid, M.Si, dihadiri oleh Bunda PAUD Kota Bima Hj. Yani Marlina M. Qurais, Ketua GOW Kota Bima Hj. Badrah Ekawati A. Rahman, perwakilan BUMN/BUMD dan beberapa pimpinan SKPD lingkup Pemerintah Kota Bima.

Lomba kreativitas anak TK/PAUD se-Kota Bima menjadi kegiatan rutin Dinas Dikbud sebagai bagian dari rangkaian peringatan HUT Kota Bima. Perlombaan yang diadakan antara lain lomba menari yang diikuti oleh 18 peserta, lomba menggambar yang diikuti oleh 137 peserta serta lomba menyanyi solo diikuti oleh masing-masing 91 peserta putra dan putri.

Lomba ini bertujuan untuk memberikan stimulasi keterampilan dan kecerdasan pada usia dini. Selain itu, lomba kreativitas anak ini memberikan peluang anak usia dini untuk menunjukkan kebolehannya.

Bunda PAUD Kota Bima menyampaikan, pendidikan PAUD berfungsi sebagai dasar untuk menuju jenjang berikutnya yaitu Sekolah Dasar. Festival Gebyar PAUD diselenggarakan dengan tujuan untuk mendorong anak-anak membangun kreativitas.

‘’PAUD merupakan tempat bermain dan juga belajar membentuk karakter, karena itu kita harus mengarahkan anak-anak usia PAUD pada hal-hal yang baik. Diibaratkan pohon, bila ditanam dengan bibit bagus dan dirawat dengan baik maka akan menghasilkan buah yang bagus. Demikian pula bibit karakter yang baik harus ditanamkan kepada anak-anak mulai di lembaga PAUD, sehingga terbentuk kecerdasan emosional dan intelektual yang bagus”, katanya.

Dikatakannya, orang tua dan para guru harus terus melatih dan membujuk anak-anak yang masih malu untuk tampil di hadapan banyak orang, karena semakin sering tampil maka rasa percaya diri juga akan tumbuh.

“Para orang tua perlu memberikan apresisasi khusus kepada anak-anak karena sudah menunjukkan keberanian mereka. Anak-anak ini harus tetap disayang dan dimotivasi untuk berani tampil”, ujar Hj. Yani Marlina.

Drs. M. Farid, M.Si, juga menyampaikan hal yang senada, bahwa PAUD merupakan tempat bermain dan juga belajar membentuk karakter.

Pada akhir sambutannya, Drs. M. Farid, M.Si, mengharapkan kegiatan lomba kreativitas anak ini dapat meningkatkan kerjasama antara orang tua dan pihak sekolah. Tujuan acara ini tidak lain untuk mengembangkan keterampilan dan bakat yang dimiliki anak, sekaligus ajang silaturahmi di antara pendidik se-Kota Bima.(H/M)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.