Header Ads

Meriahkan HUT Kota Bima ke-15, DKP Gelar Lomba Masak Serba Ikan



BIMA, Media NTB - Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Bima ke-15 Tahun 2017, Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Bima (DKP) menggelar lomba masak serba ikan di halaman Kantor DKP pada Kamis (16/03/2017). Lomba dibuka oleh Asisten (II) Setda Bidang Perekonomian dan Pembangunan Dr. Ir. Syamsuddin MS.

Hadir Ketua TP PKK Kota Bima Hj. yani Marlina M. Qurais, Ketua GOW Kota Bima Hj. Badrah Ekawati A. Rahman, Ketua Iswara Kota Bima Jumriah Fery Sofyan, para pimpinan SKPD Lingkup Pemerintah Kota Bima beserta Camat dan Lurah.

Menurut laporan Kepala DKP Kota Bima Ir. Hj. Jaenab, tujuan lomba adalah mendorong para ibu untuk menghasilkan inovasi menu masakan laut dan mendukung tumbuh kembangnya ekonomi kreatif berbasis makanan/kuliner hasil laut.

Kegiatan yang bertema “Melalui inovasi menu masakan berbahan baku ikan kita tingkatkan konsumsi ikan untuk mewujudkan keluarga kuat, sehat dan cerdas” diikuti oleh 40 peserta yang terdiri atas 38 TP PKK kelurahan se-Kota Bima, Bhayangkari dan Persit.

Tim penilai terdiri atas satu orang ahli gizi, satu orang ahli kesehatan, unsur PKK, dan unsur DKP Kota Bima. Kriteria yang dinilai yakni gagasan/ide menu (25%), keterampilan memasak (25%), cita rasa (50%) dan penyajian/penampilan (10%).

Dr. Ir. Syamsudin MS menyampaikan bahwa kita perlu menggugah kesadaran masyarakat untuk mengkonsumsi ikan dan olahannya, karena tingkat kesadaran masyarakat untuk mengkonsumsi ikan masih sangat rendah.


Tercatat konsumsi ikan Indonesia sebesar 32,24 kg/kapita/tahun, berada pada peringkat kelima ASEAN setelah Malaysia, Myanmar, Vietnam dan Filipina. Konsumsi ikan paling tinggi di dunia adalah Jepang yaitu 140 kg/kapita per tahun. Pada tahun 2019 mendatang, Pemerintah Indonesia menargetkan konsumsi ikan nasional per kapita per tahun bisa mencapai 50 kg.

“Untuk memenuhi target ini, perlu dilakukan berbagai kegiatan atau kampanye guna menggugah kesadaran masyarakat untuk mengkonsumsi ikan dan olahannya. Salah satunya, dengan melaksanakan kegiatan lomba masak serba ikan”, jelas Dr. Ir. Syamsudin MS.

Kelurahan Sarae keluar sebagai pemenang dengan jumlah poin 77,75. Posisi kedua ditempati oleh TP PKK Kelurahan Penatoi dengan jumlah poin 76,25 dan juara ketiga diraih oleh TP PKK Kelurahan Kolo dengan jumlah poin 75,73. Selain itu, ada gelar juara favorit yang diraih oleh TP PKK Kelurahan Kumbe dan TP PKK Oi Fo’o keluar sebagai juara kreativitas terbaik.

Penyerahan hadiah kepada pemenang dilakukan oleh Ketua TP PKK Kota Bima. Ia berharap para peserta lomba semakin meningkatkan kreativitas dalam menciptakan menu berbahan baku ikan.(H/M)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.