Sat Pol PP Kota Bima Adakan Bina Mental dan Kesamaptaan



BIMA, Media NTB - Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Kota Bima melaksanakan kegiatan Bina Mental dan Kesamptaan bagi para anggota. Kegiatan tersebut dilaksanakan di halaman kantor Walikota Bima pada hari Rabu, 15 Maret 2017, dibuka secara resmi oleh Wakil Walikota H. A. Rahman H. Abidin, SE.

Menurut laporan Sekretaris Sat Pol PP Kota Bima Syarief Rustaman, M.AP, kegiatan pembinaan diikuti oleh 160 anggota satuan inti Linmas, Pol PP dan petugas pemadam kebakaran (Damkar) yang kini bernaung dalam Satuan Pol PP Kota Bima. Bertindak selaku mentor adalah perwakilan TNI, Polri serta Kepala Sat Pol PP Kota Bima.

Wakil Walikota mengingatkan, Sat Pol PP mempunyai tugas membantu Kepala Daerah untuk menciptakan suatu kondisi daerah yang tenteram, tertib dan teratur sehingga penyelenggaraan roda pemerintahan dapat berjalan dengan lancar dan masyarakat dapat melakukan kegiatannya dengan aman.

Oleh karena itu, disamping menegakkan Perda, Sat Pol PP juga dituntut untuk menegakkan kebijakan pemerintah daerah lainnya yaitu Peraturan Kepala Daerah.

“Dalam melaksanakan tugas ini perlu kedisiplinan, kesabaran, keteguhan dan mental yang kuat. Banyak situasi yang menuntut anggota Sat Pol PP memiliki kesabaran ekstra. Misalnya saat meladeni massa yang melakukan demonstrasi. Saat massa aksi melakukan tindakan provokasi dengan kata-kata kasar, anggota Sat Pol PP dituntut untuk tetap berkepala dingin dan tidak terpancing emosi. Demikian pula saat melakukan penertiban pedagang kaki lima atau penangkapan ternak liar, Sat Pol PP diharapkan untuk bersikap tegas namun tetap humanis. Hal-hal seperti ini membutuhkan komitmen yang sungguh-sungguh serta kedisiplinan yang tinggi”, demikian arahan Wakil Walikota.

Ia juga menyebutkan, terkait ketertiban wilayah kota ada beberapa hal yang terus menjadi sorotan masyarakat, antara lain penertiban ternak liar, penataan parkir serta penataan pedagang kaki lima khususnya di Lapangan Serasuba dan Lapangan Pahlawan. Sat Pol PP diharapkan mampu terlibat dalam penanganan masalah-masalah ini sesuai dengan porsi tugasnya.

“Saya mendukung adanya kegiatan pembinaan rutin bagi anggota yang diupayakan oleh Kepala Sat Pol PP. Apalagi dengan adanya pasukan pemadam kebakaran yang kini juga bernaung dalam Sat Pol PP, maka pembinaan dan peningkatan kapasitas SDM secara berkala menjadi hal yang wajib untuk diupayakan oleh pimpinan SKPD. Sebaiknya frekuensi pembinaan juga ditingkatkan, jangan hanya dua kali setahun. Jika perlu, usulkan anggaran untuk mengadakan kegiatan bina mental dan kesamaptaan ini 6 kali setahun”, pesan Wakil Walikota.

Mengakhiri arahannya, Wakil Walikota berpesan hendaknya pimpinan SKPD membangun komunikasi yang baik dengan anak buah agar tugas dan fungsi SKPD bisa berjalan optimal.(H/M)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.