Header Ads

Tanggul Dam Doro Kala Desa Rade Kembali Rubuh

Kondisi tanggul Dam Doro Kala Desa Rade Kecamatan Madapangga Kabupaten Bima yang rubuh akibat diterjang banjir Minggu (19/03/2017). Foto: Mustamin
Bima, MediaNTB.com - Tahun yang lalu pemerintah daerah kabupaten Bima telah mengalokasikan anggaran sekitar Delapan ratusan Juta rupiah untuk kegiatan perbaikan dan pelebaran tanggul dam doro kala yang sering mengalami jebol akibat diterjang banjir. Dam yang biasa mengairi ratusan hektar lahan pertanian masyarakat itu sempat terjadi fakum dalam waktu tidak terlalu lama, hal itu terjadi akibat kerusakan tanggul sangat parah.
                                       
Kini masalah serupa kembali terjadi pada Dam yang terletak di desa Rade kecamatan Madapangga kabupaten Bima ini. Dikarenakan Minggu malam (19/03/2017) banjir kembali datang dengan ketinggian diatas tanggul yang baru diperbaiki itu, akibatnya bagian belakang tanggul roboh terbawa arus.

Pantauan langsung MediaNTB.com, sekitar puluhan meter kepanjangan tanggul yang rusak terbawa bajir, untungnya hanya bagian belakang yang rusak sehingga keadaan dam masih bisa menampung air untuk kebutuhan pertanian seperti biasa. Keadaan akan semakin parah ketika curah hujan masih tinggi tentu akan ada banjir yang lebih besar dan akan terus merusak tanggul.

Banjir yang datang dan merusaki tanggul separah itu, kalau dibanding dengan bajir tahun-taun sebelumnya tergolong tidak terlalu besar dan mungkin kali pertama datang selama tanggul diperbaiki. Melihat keadaan itu di hawatirkan, akan terulang kembali kejadian serupa.(Must)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.