Header Ads

Wakil Walikota Sampaikan LKPJ Tahun 2016



Kota Bima, Media NTB - Wakil Walikota Bima H. A. Rahman H. Abidin, SE, menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Walikota Bima Tahun Anggaran (TA) 2016 dalam rapat paripurna DPRD Kota Bima Senin, 13 Maret 2017, di gedung DPRD Kota Bima.

Rapat dipimpin oleh Ketua DPRD Kota Bima Fery Sofiyan, SH, dihadiri oleh unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kota Bima, Plt. Sekretaris Daerah Kota Bima Drs. Mukhtar, MH, serta para pimpinan SKPD dan unit kerja lingkup Pemerintah Kota Bima.

Penyampaian LKPJ Kepala Daerah kepada DPRD merupakan agenda konstitusional tahunan yang secara yuridis formal diatur dalam pasal 69 ayat (1) Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah sebagaimana telah beberapa kali diubah, terakhir dengan Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2015 Tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah dan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 3 Tahun 2007 Tentang Penyampaian Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Kepada Pemerintah.

LKPJ tahun 2016 disusun berdasarkan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) dan merupakan penjabaran tahunan dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang disusun, dibahas dan telah disepakati bersama dengan Peraturan Daerah Kota Bima Nomor 10 Tahun 2013.

Disampaikan oleh Wakil Walikota, dalam rangka mewujudkan visi “Terwujudnya Kota Bima Sebagai Kota Perdagangan dan Jasa yang Beriman, Maju, Adil dan Sejahtera”, telah ditetapkan prioritas pembangunan daerah tahun 2016 sebagaimana tertuang dalam RKPD Kota Bima tahun 2016, yang meliputi 7 (tujuh) prioritas yaitu: (1) meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan; (2) mempercepat pembangunan infastruktur untuk pertumbuhan dan pemerataan; (3) meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan kesejahteraan rakyat yang berkeadilan; (4) meningkatkan pengelolaan dan nilai tambah sumber daya alam serta penguatan penguatan ekonomi lokal; (5) meningkatkan kualitas lingkungan hidup, mitigasi bencana dan penanganan perubahan iklim; (6) meningkatkan pelayanan publik yang prima dan tata kelola pemerintahan yang baik; serta (7) meningkatkan program penanggulangan kemiskinan.

Pelaksanaan prioritas pembangunan daerah tersebut telah diimplementasikan melalui program dan kegiatan selama tahun 2016 dengan dukungan pendanaan melalui APBD Kota Bima Tahun Anggaran 2016.

Agenda percepatan pembangunan infrastruktur untuk pertumbuhan dan pemerataan menjadi titik fokus sehingga berhasil meningkatkan cakupan panjang jalan kota dalam kondisi baik dari 67,16% pada tahun 2015 menjadi 72,01% pada tahun 2016. Sedangkan peningkatan jalan menuju akses ke pusat-pusat produksi, pengembangan kawasan strategis dan cepat tumbuh telah dilaksanakan, termasuk penyediaan air bersih dan pengelolaan limbah.

Dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan kesejahteraan rakyat yang berkeadilan, pembangunan bidang pendidikan dan kesehatan tetap menjadi prioritas Pemerintah Kota Bima. Telah dilaksanakan berbagai kegiatan melalui pemberdayaan masyarakat, pemberdayaan perempuan, perlindungan perempuan dan anak, termasuk peningkatan pelayanan keluarga berencana. Indikator keberhasilan pembangunan prioritas ini antara lain dilihat dari Indeks Pembangunan Manusia (IPM). IPM Kota Bima pada tahun 2015 adalah 76,37 meningkat dari 75,93 di tahun 2014.

Dalam hal penanggulangan kemiskinan, program penanggulangan kemiskinan telah berhasil menurunkan angka kemiskinan dari 9,68% pada tahun 2014 menjadi 9,58% pada tahun 2015.

“Saya menyampaikan terima kasih yang setulusnya kepada seluruh masyarakat Kota Bima, DPRD Kota Bima, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, pejabat dan seluruh aparatur Pemerintah Kota Bima yang telah bekerja bersama dalam menjalankan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan selama tahun 2016”, kata Wakil Walikota.

Wakil Walikota selanjutnya menyerahkan dokumen LKPJ TA 2016 kepada Ketua DPRD untuk dibahas secara internal sesuai tata tertib DPRD guna menghasilkan rekomendasi untuk meningkatkan kinerja pemerintahan dan pembangunan pada masa mendatang.(Advertorial)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.